Pendidikan

Pimpinan PP. Ma’had Darulhusna Jadi Narasumber Seminar Internasional di Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta

95
×

Pimpinan PP. Ma’had Darulhusna Jadi Narasumber Seminar Internasional di Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta

Sebarkan artikel ini
Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta menggelar  seminar internasional yang bertajuk Islamic Education Based on The Qur'an, 7-8 Juli 2023. Salah satu narasumbernya adalah Pimpinan PP. Ma'had Darulhusna , Bogor, Dr Pahrurroji M.Bukhori, MA. (Foto: Dok PP Ma'had Darul Husna)

Sukabumihitz.com, Tangsel- Pimpinan PP. Ma’had Darulhusna , Bogor, Dr Pahrurroji M.Bukhori, MA. menjadi narasumber seminari internasional di Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta.  Seminar internasional yang bertajuk Islamic Education Based on The Qur’an itu diadakan secara daring  oleh Prodi PAI  Pascasarjana IIQ Jakarta, yang berlokasi di Ciputat, Tangsel,  pada 7-8 Juli 2023.

Seminar pada hari pertama diisi oleh beragam narasumber yang berasal dari Arab Saudi, Malaysia, dan Indonesia. D  iantaranya adalah Dr. Said bin Jumuah dari Arab Saudi, Dr. Asyraf Isyraqi bin Jamil dari Malaysia, Dr. Muyasaroh, Dr. Sahidah Rena, Dr. Ubaidillah, Dr. Sri Widyiasri, dan Dr. Pahrurroji M. Bukhori, MA.  dari Indonesia. Kegiatan ini dibuka oleh Rektor Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta, Dr. Nadjamtul Faizah, SH, M. Hum.

Dalam kesempatan tersebut, Pimpinan PP. Ma’had Darulhusna Bogor, DR. KH. Pahrurroji M.Bukhori, MA. menyampaikan materi yang berjudul ” Mafhumul Qur’an fi at-Tarbiyah al-Islamiyyah ” pada sesi kedua acara seminar.

Sangat Komplet dan Luar Biasa

Dalam paparannya, Dr. Pahrurroji, menyampaikan bahwa konsep Alquran tentang pendidikan Islam sungguh sangat komplet dan luar biasa. “Alquran sangat memperhatikan dan menekankan pada dimensi pendidikan ini. Sebab pendidikan yang baik dan berkualitas, akan melahirkan generasi muslim yang unggul dan Tangguh,” kata Dr Pahrurroji dalam rilis yang diterima Sukabumihitz.com.

Ia menambahkan, secara sederhana, pendidikan Islam yang diajarkan oleh Alquran memuat dan mengandung penjabaran yang paripurna tentang tiga hal:  tauhid, ibadah, dan sosial etik. “Ketiganya harus ada dan berkesinambungan serta saling menguatkan dalam sistem pendidikan Islam,” ujarnya.

Ketiganya, kata Dr. Pahrurroji menambahkan, juga harus selalu menjadi esensi dalam seluruh jenjang pendidikan Islam. “Sebab, inilah yang diajarkan dan ditekankan oleh Allah SWT dalam Alquran,” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *