error code: 522 Keutamaan 10 Hari Terakhir Ramadhan - SukabumiHitz
Gaya Hidup

Keutamaan 10 Hari Terakhir Ramadhan

157
×

Keutamaan 10 Hari Terakhir Ramadhan

Sebarkan artikel ini

Sukabumi–Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menganjurkan umat Islam agar memperbanyak ibadah di 10 hari terakhir bulan Ramadhan, terdapat banyak keutamaan yang menguntungkan bagi kita yang menjalankanya.

Tingkatkan beribadah di 10 hari terakhir Ramadhan

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata:

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa ketika memasuki 10 Ramadhan terakhir, beliau bersungguh-sungguh dalam ibadah (dengan meninggalkan istri-istrinya), menghidupkan malam-malam tersebut dengan ibadah, dan membangunkan istri-istrinya untuk beribadah.” Muttafaqun ‘alaih. (HR. Bukhari dan Muslim)

Hadist di atas menunjukkan bahwa terdapat keistimewaan beramal di 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Selain itu, ada dua alasan mengapa Rasulullah menekankan untuk memperbanyak amalan di 10 hari terakhir Ramadhan, yaitu setiap amal dinilai dari akhirnya dan diharapkan mendapati malam Lailatul Qadar.

Hal ini seperti sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:

“Carilah malam lailatul qadar di malam ganjil dari sepuluh terakhir bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari).

Allah menyebut keutamaan lailatul qadar:

Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Rabbnya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al-Qadr: 3-5)

Selain itu, ada banyak hadist yang menyebutkan keutamaan malam lailatul qadr, salah satunya adalah yang diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari).