Berita

Update Cuaca 21 November 2023: Prakiraan Hujan Sedang Hingga Lebat di Beberapa Daerah Jawa Barat

114
×

Update Cuaca 21 November 2023: Prakiraan Hujan Sedang Hingga Lebat di Beberapa Daerah Jawa Barat

Sebarkan artikel ini

Sukabumihitz.comBadan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis prakiraan cuaca untuk wilayah Jawa Barat, pada Selasa (21/11). Menurut BMKG, sebagian besar daerah Jawa Barat akan mengalami cuaca cerah berawan, terutama pada pagi hingga menjelang siang.

Meski demikian, dari siang hingga malam, sebagian besar wilayah di Jawa Barat berpeluang mengalami hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Beberapa daerah, seperti Sukabumi, Cisarua, Bandung, Cibinong, Cimahi, Gadog, Bogor, Lembang, Soreang, dan Palabuhanratu, bahkan dapat mengalami hujan disertai petir.

Sementara itu, untuk wilayah Sukabumi, prakiraan menunjukkan cuaca berawan pada pagi hari dan potensi hujan saat siang hingga sore menjelang malam. Sukabumi juga termasuk dalam daerah yang memiliki risiko tinggi untuk mengalami hujan yang disertai petir.

Berikut adalah informasi terkini mengenai prakiraan cuaca di beberapa daerah Jawa Barat:

Siang

Daerah yang berpotensi berawan meliputi Banjar, Ciamis, Garut, Indramayu, Kuningan, Parigi, Singaparna, dan Tasikmalaya. Sementara itu, daerah yang berpotensi mengalami hujan mencakup Cipanas, Palabuhanratu, Cianjur, Cisarua, Gadog, Bogor, Sukabumi, Singaparna, Bandung, Cimahi, Cirebon, Lembang, Soreang, Subang, Sumedang, Majalengka, Cikarang, Karawang, Cibinong, Bekasi, Depok, dan Purwakarta.

Malam

Daerah yang berpotensi cerah berawan meliputi Parigi dan Tasikmalaya. Sementara itu, daerah-daerah seperti Cirebon, Garut, dan Singaparna berpotensi mengalami kondisi berawan. Di sisi lain, sejumlah daerah memiliki potensi hujan, termasuk Cipanas, Purwakarta, Karawang, Palabuhanratu, Bekasi, Ciamis, Cikarang, Cianjur, Cimahi, Depok, Lembang, Cibinong, Cisarua, Gadog, Bogor, Indramayu, Subang, Sukabumi, Bandung, Banjar, Kuningan, Majalengka, Soreang, dan Sumedang.

Dini Hari

Daerah yang berpotensi cerah berawan antara lain Cianjur, Cipanas, Garut, Singaparna, Sumedang, dan Tasikmalaya. Sementara itu, daerah-daerah yang berpotensi hujan meliputi Banjar, Bekasi, Ciamis, Singaparna, Palabuhanratu, Sukabumi, Depok, Karawang, Gadog, Cisarua, Cibinong, Bogor, Kuningan, Cikarang, Bandung, Cimahi, Cirebon, Indramayu, Lembang, Majalengka, Parigi, Purwakarta, Subang, dan Soreang.

BMKG juga memberikan peringatan kepada masyarakat terkait potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat terjadi. Selain itu, menghimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap perubahan cuaca yang mungkin terjadi dan mempersiapkan diri dengan baik.

“Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada skala lokal dan durasi singkat pada siang hingga menjelang malam hari di sebagian wilayah Bekasi, Karawang, Depok, Bogor, Purwakarta, Subang, Sukabumi, Cianjur, Bandung, Cimahi, Bandung Barat”, demikian keterangan informasi yang dikutip dari laman resmi BMKG, Selasa (21/11).

Perkiraan cuaca ini dapat berubah sesuai dengan perkembangan kondisi atmosfer. BMKG menghimbau masyarakat untuk selalu memantau informasi cuaca terbaru melalui saluran resmi BMKG atau media massa yang terpercaya.

 

Baca juga: Peringatan HKN ke-59: Kota Sukabumi Sabet Banyak Penghargaan, Ini Daftarnya!