BeritaKesehatan

Peringatan HKN ke-59: Kota Sukabumi Sabet Banyak Penghargaan, Ini Daftarnya!

249
×

Peringatan HKN ke-59: Kota Sukabumi Sabet Banyak Penghargaan, Ini Daftarnya!

Sebarkan artikel ini
Penjabat Wali Kota Sukabumi saat mengikuti upacara peringatan HKN ke-59 di halaman Gedung Sate, Bandung, pada Senin (13/11/2023). | Doc: KDP Kota Sukabumi

Sukabumihitz.com – Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengadakan upacara di Halaman Gedung Sate, Bandung, pada Senin (13/11), sebagai peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59.

Sementara itu, Kusmana Hartadji, Penjabat Wali Kota Sukabumi, turut hadir dalam kegiatan upacara peringatan ini, yang bertema Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju. Pada peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59, juga turut hadir para kepala daerah dan aparatur Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Transformasi kesehatan untuk Indonesia maju adalah suatu usaha untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan di Indonesia, dengan harapan dapat menciptakan masyarakat Indonesia yang sehat dan sejahtera.

Pemerintah Kota Sukabumi berhasil meraih lima Penghargaan dari tujuh kategori perlombaan. Salah satunya, dr. Emmy Kurniasih Tedjo dari Puskesmas Benteng meraih satu penghargaan dalam Kategori Tenaga Kesehatan Teladan Puskesmas tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2023.

Tiga penghargaan Kategori Tenaga Kesehatan Teladan Rumah Sakit Tingkat Provinsi Jawa Barat diraih oleh: Apt. Fitriyah Silviyani, S.Farm.,M.M , juara ke I Apoteker Rumah Sakit Teladan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023 dan sebagai Juara ke V Tingkat Nasional.

Selain itu, Ns. Iman Muhamad Firmansyah, S.Kep. sebagai Juara Ke I Perawat Rumah Sakit Teladan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023. Ikka Setiarini Apriliani A.Md.Kes, Juara Ke I Tenaga Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit Teladan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023, dan satu penghargaan Kategori Pos Upaya Kesehatan Kerja Terbaik diraih oleh ketua UKK Terajana Kota Sukabumi.

Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju

Transformasi kesehatan melibatkan sejumlah aspek, termasuk peningkatan akses dan mutu layanan kesehatan, penguatan sistem kesehatan, serta peningkatan kualitas SDM kesehatan.

Selanjutnya, berdasarkan informasi dari situs resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59 tahun 2023, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan bahwa transformasi kesehatan akan fokus pada empat pilar, yaitu:

1. Peningkatan akses dan mutu layanan kesehatan primer

Layanan kesehatan primer adalah layanan kesehatan yang diberikan pada tingkat pertama, yaitu puskesmas dan jaringannya. Layanan kesehatan primer ini harus dapat memberikan layanan yang berkualitas dan terjangkau oleh seluruh masyarakat, terutama masyarakat di daerah terpencil dan tertinggal.

2. Pengembangan sistem kesehatan yang kuat dan efisien

Sistem kesehatan yang kuat dan efisien adalah sistem kesehatan yang mampu memberikan layanan kesehatan yang berkualitas, terjangkau, dan adil. Transformasi kesehatan dengan memperkuat peran berbagai pemangku kepentingan dalam sistem kesehatan, seperti pemerintah, swasta, dan masyarakat.

3. Peningkatan kualitas SDM kesehatan

SDM kesehatan yang berkualitas adalah kunci keberhasilan transformasi kesehatan. Transformasi kesehatan ini dengan meningkatkan kualitas pendidikan dan pelatihan SDM kesehatan, serta meningkatkan kesejahteraan SDM kesehatan.

4. Peningkatan kesadaran dan peran masyarakat dalam kesehatan

Masyarakat yang sadar dan berperan aktif dalam kesehatan adalah kunci untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera. Dengan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan menjadi langkah utama dalam melakukan transformasi kesehatan ini.

Transformasi kesehatan menjadi kunci utama bagi kemajuan Indonesia, merupakan langkah penting untuk menciptakan masyarakat Indonesia yang sehat dan sejahtera.

Dengan adanya transformasi kesehatan ini, semoga seluruh warga Indonesia dapat mengakses layanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau.

 

Baca juga: Adanya Peternakan Bebek Petelur, Santri Ponpes Darut Tsaqofah Leuwiliang Dapat Asupan Gizi  lebih Baik