BeritaPendidikan

Tingkatkan Keterampilan IT Mahasiswa, Prodi Informatika Sukses Menggelar Workshop Pengembangan Web Berbasis Cloud-Native

61
×

Tingkatkan Keterampilan IT Mahasiswa, Prodi Informatika Sukses Menggelar Workshop Pengembangan Web Berbasis Cloud-Native

Sebarkan artikel ini
Workshop Bootcamp IT
Mahasiswa Prodi Informatika saat mengikuti Workshop Bootcamp Pengembangan Web Berbasis Cloud-Native | Doc: Istimewa

SukabumiUniversitas BSI Kampus Sukabumi Prodi Informatika Fakultas Teknik dan Informatika, sukses menyelenggarakan Workshop Bootcamp IT bertajuk “Pengembangan Web Cerdas Berbasis Layanan Cloud-Native”. Kegiatan ini berlangsung pada Selasa (28/5) di Kampus UBSI Sukabumi, Jl. Cemerlang No. 8, Sukakarya Sukabumi.

Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber yang ahli dalam bidang teknologi informasi, khususnya dalam pengembangan web dan cloud computing. Dua narasumber tersebut yaitu Desi Susilawati dan Saeful Bahri.

Workshop Bootcamp IT ini diikuti oleh mahasiswa semester 4 Prodi Informatika Universitas BSI Sukabumi. Peserta diberikan kesempatan untuk belajar secara langsung melalui praktik dan diskusi yang interaktif.

Ketua Prodi Informatika Universitas BSI Kota Sukabumi, Denny Pribadi menyatakan bahwa workshop ini merupakan rangkaian kegiatan dari IT Bootcamp yang puncak acaranya akan dilaksanakan pada (6-7/6) mendatang.

“Kami berharap melalui serangkaian kegiatan IT Bootcamp ini, mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang komprehensif dalam bidang teknologi informasi. Khususnya dalam pengembangan web dan cloud computing,” ujar Denny.

Mahasiswa juga berkesempatan untuk mengerjakan proyek mini yang diaplikasikan pada platform cloud-native, sehingga mereka mendapatkan pengalaman nyata dalam mengimplementasikan teori yang telah dipelajari.

Desi Susilawati menegaskan bahwa pemahaman mahasiswa tentang teknologi cloud-native sangat penting, karena teknologi ini sekarang menjadi dasar bagi berbagai layanan digital.

“Dengan menguasai teknologi ini, mahasiswa tidak hanya siap menghadapi tantangan di dunia kerja, tetapi juga mampu berinovasi dan menciptakan solusi cerdas berbasis web yang efisien dan scalable,” ujarnya.

Baca juga: Universitas BSI Sukabumi Siap Menggelar Workshop EduTech, Pemanfaatan Kecerdasan Buatan dalam Pendidikan

Sementara itu, Saeful Bahri selaku pemateri 2 membahas mengenai teknis arsitektur cloud-native. Mulai dari containerization, microservices, hingga deployment di platform cloud seperti AWS dan Google Cloud.

“Pendekatan cloud-native memungkinkan kita untuk mengembangkan aplikasi yang lebih responsif, mudah di-maintain, dan cepat dalam hal pengembangan serta deployment,” jelasnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam pengembangan web berbasis cloud-native dan mempersiapkan mereka untuk bersaing di dunia industri yang semakin digital. Universitas Bina Sarana Informatika berkomitmen untuk terus memberikan pendidikan yang terbaik melalui berbagai kegiatan praktis dan aplikatif seperti workshop ini.

Mahasiswa Informatika saat mengikuti Workshop Bootcamp Pengembangan Web Berbasis Cloud-Native | Doc: Istimewa

Habib Umar, salah satu peserta Workshop Bootcamp IT menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dan juga bisa memberikan banyak ilmu. Ia juga sangat antusias dalam mengikuti workshop ini.

“Workshop ini sangat bermanfaat, terutama untuk memahami bagaimana teknologi cloud-native dapat digunakan dalam pengembangan web yang lebih cerdas dan efektif. Kami mendapatkan banyak ilmu baru yang sangat relevan dengan perkembangan teknologi saat ini,” ungkap Habib.

Dengan berakhirnya workshop ini, diharapkan para peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan dalam proyek-proyek mereka di masa depan. Serta mampu menjadi pionir dalam pengembangan web cerdas berbasis layanan cloud-native.

Baca juga: HIMASI Universitas BSI Sukabumi Sukses Gelar Konsultasi Skripsi dan TA Bagi Mahasiswa Sistem Informasi Tingkat Akhir