Pendidikan

HIMASI Universitas BSI Sukabumi Sukses Gelar Konsultasi Skripsi dan TA Bagi Mahasiswa Sistem Informasi Tingkat Akhir

146
×

HIMASI Universitas BSI Sukabumi Sukses Gelar Konsultasi Skripsi dan TA Bagi Mahasiswa Sistem Informasi Tingkat Akhir

Sebarkan artikel ini
Konsultasi Skripsi dan TA Sukses Digelar HIMASI Universitas BSI Sukabumi
Konsultasi Skripsi dan TA Sukses Digelar HIMASI Universitas BSI Sukabumi

Sukabumihitz – Program Studi Sistem Informasi Universitas BSI Sukabumi sukses menyelenggarakan Konsultasi Skripsi dan Tugas Akhir pada kamis (28/3). Kegiatan ini bertajuk Konsultasi STAGA – Sambut Skripsi dan TA dengan Aman, Gembira, dan Akseleratif. Adapun konsultasi mengenai skripsi dan TA ini sukses terselenggara secara hybrid baik secara langsung di Aula Universitas BSI Sukabumi dan melalui aplikasi zoom meeting. Tujuan dari penyelenggaraan kegiatan ini yakni untuk memberikan wawasan mendalam tentang proses penyusunan skripsi dan tugas akhir.

Acara ini menjadi forum diskusi yang interaktif di antara audiens yang hadir pada saat itu. Bersama narasumber yang luar biasa yakni Bapak Taufik Hidayatulloh, para mahasiswa mendapatkan wawasan dan informasi mengenai teknis dalam penyusunan skripsi dan tugas akhir mereka.

Diskusi Interaktif antara Narasumber dan Mahasiswa pada Konsultasi STAGA
Diskusi Interaktif antara Narasumber dan Mahasiswa pada Konsultasi STAGA

Menurut Bapak Taufik Hidayatulloh, M.Kom., skripsi dan TA harus ada tahap dalam menentukan tema terlebih dahulu serta merencanakan outline yang tersedia.

“Sebelum teman-teman menyusun skripsi dan tugas akhir, alangkah lebih baik jika teman-teman sudah memiliki gambaran awal dari tema yang akan dipilih. Setelah menentukan tema, silahkan pilih outline yang sudah tersedia lalu buat judul sebanyak-banyaknya. Karena biasanya pada saat bimbingan perdana, ada dosen pembimbing yang meminta judul atau bahkan langsung meminta progress pada bab 1,” ujarnya.

Lainnya: Belum Lulus SNBP 2024? Tenang, Masih Ada Peluang Untuk Meraih Impian Besarmu

Selain itu, para mahasiswa juga mendapatkan insight dan tutorial terkait dengan sumber tema dan cara mencari jurnal yang relevan.

“Jika belum memiliki tema atau judul, teman-teman boleh untuk mencari referensi pada jurnal-jurnal yang sudah terbit. Namun ingat untuk tetap melakukan novelty baik itu mengenai objek penelitiannya atau metode yang akan kalian gunakan,” ujar Taufik.

Adapun konsultasi ini merupakan lanjutan dari konsultasi sebelumnya yang sukses terselenggara secara daring satu bulan yang lalu. Pelaksanaan konsultasi secara hybrid ini diharapkan dapat memperkaya interaksi antara narasumber dan mahasiswa. Sehingga nantinya mahasiswa mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam.

Konsultasi ini sukses terselenggara dan menjadi bagian dari proses akademis yang penting untuk menyelesaikan program studi. Wakil Ketua HIMASI, Sholah Faridudin berharap konsultasi ini bermanfaat dan bisa menjadi langkah awal yang baik bagi para mahasiswa akhir.

“Saya berharap, dengan adanya kegiatan ini semoga mampu memberikan manfaat khususnya untuk akang teteh program studi sistem informasi. Kami juga mendoakan semoga proses dalam menyelesaikan skripsi dan tugas akhirnya berjalan lancar dan sukses,” ungkap Sholah.

Baca Juga: Universitas BSI Komitmen untuk Tingkatkan Kualitas Lulusan Melalui Kolaborasi dengan Perusahaan Terkemuka, Dalam 36 Tahun Berkarya