BadmintonBeritaOlahraga

Semangat Pantang Menyerah Mengantarkan Tim Bulu Tangkis Indonesia Meraih Predikat Runner-Up Piala Uber 2024.

48
×

Semangat Pantang Menyerah Mengantarkan Tim Bulu Tangkis Indonesia Meraih Predikat Runner-Up Piala Uber 2024.

Sebarkan artikel ini
Tim Bulu Tangkis putri Indonesia meraih predikat runner-up Piala Uber 2024 | Sumber: ig.badminton.ina

Sukabumihitz – Tim bulu tangkis putri Indonesia tampaknya harus puas dengan posisi runner up pada Uber Cup 2024 setelah mengalami kekalahan telak 0-3 dari China dalam pertandingan final di Hi-Tech Zone Sports Centre Gymnasium, Chengdu, pada Minggu (5/5).

Indonesia memulai pertandingan dengan mengirimkan Gregoria Mariska Tunjung sebagai pemain tunggal pertama. Menghadapi Chen Yu Fei, Gregoria tidak mampu mencetak poin dan kalah dengan skor 21-7 dan 21-16.

Yu Fei mendominasi pertandingan sejak awal dan masih terlalu kuat bagi Gregoria, mengakhiri pertandingan pertama dengan kemenangan 21-7. Meskipun Gregoria memberikan perlawanan di pertandingan kedua, ia akhirnya harus mengakui keunggulan Yu Fei dengan skor 21-16.

Pada pertandingan kedua, Indonesia menurunkan ganda putri Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Ribka Sugiarto. Namun, pasangan Indonesia itu juga kalah dari Chen Qing Chen dan Jia Yi Fan.

Fadia dan Ribka kalah dalam dua pertandingan langsung dari Chen dan Jia, dengan skor 11-21 di pertandingan pertama dan 8-21 di pertandingan kedua.

Pada pertandingan ketiga, Indonesia menurunkan Ester Nurumi Tri Wardoyo untuk berhadapan dengan He Bing Jiao. Ester menunjukkan penampilan performa yang cukup baik di pertandingan pertama, mengawali pertandingan dengan dominasi yang kuat dan meraih kemenangan dengan skor 21-10.

Namun, He Bing Jiao berhasil bangkit di pertandingan kedua dan mengambil alih kendali pertandingan. Meskipun Ester memberikan perlawanan, ia akhirnya harus mengakui keunggulan pemain China tersebut dengan skor 15-21.

Pada gim ketiga, pertandingan berlangsung sengit. Ester dan He Bing Jiao saling berlomba untuk meraih poin, menciptakan suasana yang tegang sepanjang pertandingan. Namun, Ester akhirnya tidak mampu memenangkan pertarungan tersebut. Pertandingan ketiga dimenangkan oleh He Bing Jiao dengan skor 17-21.

Dengan demikian, China keluar sebagai juara Uber Cup 2024, sementara Indonesia harus puas menjadi runner-up dalam Piala Uber Cup 2024.

Tim bulu tangkis putri indonesia berhasil meraih predikat runner-up piala Uber 2024 | sumber: ig.badminton.ina

Baca juga: Timnas Indonesia U-23 Siap Berjuang di Perempat Final Piala Asia Melawan Korea Selatan

Sementara itu, Ester Nurumi Tri Wardoyo mengatakan He Bing Jiao merupakan lawan yang tidak mudah dengan segudang pengalaman. Ia juga belajar banyak di Piala Uber 2024 kali ini, Ester pun bangga dan senang dengan raihannya bersama tim yang berhasil menjadi runner-up Piala Uber 2024.

“Tim sudah tertinggal 0-2 dan saya merasa tegang saat masuk lapangan. Tapi berbarengan dengan tegang, saya merasa excited ingin membuktikan kalau masih bisa. Saya belajar banyak di turnamen ini, bagaimana mengatasi situasi di poin-poin kritis, cara bermain dan mental saya juga harus ditingkatkan,” ujar Ester mengutip dari akun Instagram resmi badminton.ina.

Hasil Lengkap Final Uber Cup 2024 Indonesia vs China

  • WS1 Gregoria Mariska Tunjung vs Chen Yu Fei (7-21, 16-21)
  • WD1 Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto vs Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (11-21, 8-21)
  • WS2 Ester Nurumi Tri Wardoyo vs He Bing Jiao (21-10, 15-21, 17-21)
  • WD2 Lanny Tria Mayasari/Rachel Allessya Rose vs Liu Sheng Shu/Zhang Shu Xian
  • WS3 Komang Ayu Cahya Dewi vs Han Yue

Walaupun belum meraih gelar juara, tim putri Indonesia telah mengukir prestasi tinggi, membawa harapan baru untuk bulu tangkis tanah air. Hasil ini merupakan capaian terbaik Indonesia sejak menjadi runner-up Piala Uber 2008 di Jakarta.

Baca juga: Timnas U23 Lolos ke Babak Semifinal di Piala Asia U23 2024!!!