Berita

Kemendes PDTT dan Ikapi Gelar  Seminar Nasional “Penguatan Literasi Desa”

143
×

Kemendes PDTT dan Ikapi Gelar  Seminar Nasional “Penguatan Literasi Desa”

Sebarkan artikel ini
Kementerian Desa, Pembangunan Derah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) bersama Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi)  menggelar Seminar Nasional bertajuk “Penguatan Literasi Desa”, di Jakarta, Senin (31/7/2023). (Foto: Dok Yagemi)

Sukabumihitz.com, Jakarta—  Kementerian Desa, Pembangunan Derah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) bersama Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi)  menggelar seminar nasional bertajuk Penguatan Literasi Desa.

Seminar nasional tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Opsroom Gd.  Utama Kemendes PDTT Jakarta, Senin (31/7/2023). Seminar nasional itu dilaksanakan dalam rangka mewujudkan pencapaian nilai-nilai SDGs Desa.

Seminar nasional dibuka secara resmi oleh Sekjen Kemendes PDTT Taufik Madjid, dan menampilkan tiga pembicara. Mereka adalah  Ivanovich Agusta (kepala Badan Pengembangan Informasi  Desa, Kemendes PDTT), Arys Hilman Nugraha (ketua umum Ikapi) dan H.E. Afrizal Sinaro (Pembina Yagemi).

Kepala Badan Pengembangan dan Informasi Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Ivanovich  Agusta mengatakan, bahwa dari 33 ribu desa yang memiliki perpustakaan, hanya 30 perpustakaan desa yang aktif.  “Kemendes PDTT  memiliki dua pokok tugas utama, pertama pertumbuhan ekonomi dan peningkatan SDM. Oleh karena itu kami  akan meneruskan penyediaan literatur bahan bacaan,” kata Ivanovich Agusta.

Ketua Umum Ikapi Arys Hilman,  mengatakan desa harus diyakinkan bahwa kemajuan sebuah bangsa itu tergantung dari kapasitas kualitas bangsanya. “Terkait kendala akses literasi, terdapat lingkaran setan antara indeks literasi yang rendah, akses terkendala kurangnya volume buku. Terutama sekali akses bahan bacaan yg sesuai kebutuhan masyarakat di desa,” ujarnya.

Pustaka Bergilir Buku Masuk Rumah

Pembina Yagemi  (Yayasan Gemar Membaca Indonesia), Afrizal Sinaro mengatakan, pihaknya menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Kemendes PDTT dan Ikapi yang telah menggagas  kegiatan Seminar Nasional  Penguatan Literasi Desa  dalam upaya mendukung peningkatan literasi masyarakat Indonesia.

“Untuk itu perlu dibangun kesepakatan melalui sebuah seminar ini, agar terwujud  masyarakat cerdas dan tangguh melalui sistem Pustaka Bergilir Buku Masuk Rumah,” kata Afrizal Sinaro.

Ia menambahkan, program ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari program nasional mencerdaskan kehidupan bangsa, yang merupakan ujung tombak membangun peradaban bangsa. “Sistem Pustaka Bergilir Buku Masuk Rumah ini, satu-satunya cara untuk bergegas meningkatkan minat baca masyarakat dengan cara mudah, sederhana, berbiaya murah dan dapat  dilaksanakan di seluruh Indonesia,” ujar Afrizal Sinaro.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *