BeritaPendidikan

Ingin Kuliah Tanpa Biaya? Berikut 5 Beasiswa Perguruan Tinggi Yang Bisa Menjadi Pilihan

780
×

Ingin Kuliah Tanpa Biaya? Berikut 5 Beasiswa Perguruan Tinggi Yang Bisa Menjadi Pilihan

Sebarkan artikel ini

Sukabumihitz.com – Menempuh pendidikan tanpa biaya dan bahkan mendapat uang saku adalah impian utama para pencari beasiswa. Dengan beasiswa, para lulusan SMA/MA/SMK sederajat memiliki kesempatan untuk melanjutkan pendidikan tinggi mereka di perguruan tinggi pilihan.

Akan tetapi, banyaknya opsi beasiswa dari perguruan tinggi sering kali membuat pelajar bingung dalam mengambil keputusan. Jadi, beasiswa seperti apa yang seharusnya dipilih? Berikut ini adalah rangkuman berbagai jenis beasiswa yang ditawarkan oleh perguruan tinggi.

  1. Beasiswa Talenta Digital

Dalam upaya mendukung perkembangan transformasi digital dan ekonomi digital, Beasiswa Talenta Digital diperkenalkan dengan tujuan memberikan peluang sebesar mungkin bagi individu kreatif yang aktif di dunia digital kreatif seperti Youtuber, Tiktokers, Gamers, Startup Founder, Content Creator dan lainnya.

Beberapa universitas di Indonesia juga turut menyelenggarakan program beasiswa ini, salah satunya adalah Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika). Kampus ini tidak hanya memberikan beasiswa kepada para influencer, melainkan juga kepada Programmer, Copywriter, Technopreneur, Video editor, Scientist dan lain-lain.

Tidak hanya Universitas BSI, beberapa perguruan tinggi lain juga memberikan beasiswa kepada para influencer, seperti Universitas Ciputra yang berdasarkan jumlah pengikut pada akun media sosial, Universitas Nusa Mandiri dengan program beasiswa bernama Digital Business, Cyber University dengan beasiswa Cakap Digital, Universitas Pertamina, dan banyak institusi pendidikan tinggi lainnya.

  1. Beasiswa Jalur Rapor

Beasiswa ini ditujukan untuk siswa/i SMA sederajat yang meraih pencapaian akademik tinggi, yang dapat dibuktikan melalui nilai rapor mereka. Hampir seluruh perguruan tinggi Indonesia menerapkan Beasiswa Jalur Rapor untuk menarik calon mahasiswa yang memiliki prestasi akademik yang baik.

Baca juga: Kamu Juara Lomba? Dapatkan Beasiswa Regular dan Prestasi  50-100% di Cyber University

  1. Beasiswa KIP Kuliah

Beasiswa ini diperkenalkan oleh pemerintah bertujuan mendukung Putra/i Indonesia yang memiliki potensi akademik untuk tetap melanjutkan pendidikan meskipun menghadapi kendala biaya. Setiap tahunnya, pemerintah mengalokasikan kuota kepada perguruan tinggi tertentu sehingga siswa/i dapat mendaftar ke perguruan tinggi pilihan mereka.

  1. Beasiswa Prestasi

Beasiswa ini, bagi siswa-siswi yang mencapai prestasi baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. Universitas BSI sebagai Kampus Digital Kreatif, juga mengenalkan program beasiswa dengan nama Beasiswa BSI Juara. Melalui beasiswa ini, Universitas BSI telah memberikan dukungan kepada para atlet berprestasi, seperti yang terlibat dalam cabang olahraga Judo, Karate, Taekwondo, dan berbagai prestasi non-akademik lainnya.

  1. Beasiswa Internasional

Merupakan beasiswa yang diselenggarakan beberapa perusahaan, pemerintah, atau perguruan tinggi, bertujuan mendukung generasi muda dalam melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Salah satu beasiswa yang sangat terkenal adalah LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) yang dikelola oleh pemerintah. Selain itu, beberapa Duta Besar di Indonesia juga menyelenggarakan program beasiswa perguruan tinggi untuk mendorong siswa/i melanjutkan pendidikan di negara asal mereka.

Setelah mengetahui berbagai jenis beasiswa, hal penting untuk dipersiapkan adalah peningkatan kapasitas diri melalui upaya belajar yang tekun dan terus meraih prestasi. Selain itu, mulailah untuk mencari informasi mengenai syarat dan ketentuan dari beasiswa yang menjadi pilihan.

Baca juga: Jangan Salah Pilih Jurusan Kuliah! 5 Jurusan Populer untuk Membangun Karir yang Sukses di Masa Depan