BeritaGaya HidupKesehatan

Peringatan Hari Peduli Stroke Anak 2024: Meningkatkan Kesadaran Akan Krisis Stroke Pada Anak

65
×

Peringatan Hari Peduli Stroke Anak 2024: Meningkatkan Kesadaran Akan Krisis Stroke Pada Anak

Sebarkan artikel ini
Hari Peduli Stroke Anak Sedunia
4 Mei 2024 memperingati Hari Peduli Stroke Anak

Sukabumihitz – Hari Peduli Stroke Anak, jatuh pada tanggal 4 Mei tepatnya pada Sabtu pertama bulan Mei. Hari Peduli Stroke Anak ini merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran akan krisis stroke pada anak-anak, karena sering kali masyarakat abai tentang isu ini.

Stroke merupakan kondisi terjadinya kerusakan pada otak akibat gangguan aliran darah menuju bagian-bagian tertentu di otak. Tidak hanya mempengaruhi orang dewasa, stroke juga dapat terjadi pada anak-anak dan bayi. Meskipun stroke jarang terjadi kepada anak anak, jika tidak segera diatasi stroke akan mengakibatkan kematian serta meninggalkan resiko kecacatan.

Penyebab Terjadinya Stroke Pada Anak

Stroke bisa mempengaruhi individu dari segala rentang usia, termasuk bayi, anak-anak, remaja, orang dewasa, dan lansia. Penyebab stroke pada anak-anak seringkali berbeda dengan stroke pada orang dewasa. Pada dasarnya, stroke iskemik arteri terjadi ketika aliran darah ke otak terhalang oleh penyempitan arteri atau pembentukan gumpalan darah di arteri, menghambat suplai darah ke area tertentu di otak. Iskemia, atau iskemik, adalah istilah yang berasal dari bahasa Yunani yang mengacu pada penahanan atau penghentian pasokan darah ke suatu bagian tubuh.

Anak-anak yang mengalami stroke cenderung pulih lebih cepat daripada orang dewasa, karena pembuluh darah mereka lebih muda dan sehat, dan otak anak-anak memiliki kemampuan adaptasi yang lebih cepat setelah mengalami cedera.

Pentingnya Memperingati Hari Peduli Stroke Anak

Hari Peduli Stroke Anak bertujuan menyediakan pengetahuan kepada semua orang yang merawat anak tentang tanda-tanda neurologis yang perlu mereka waspadai. Selain itu, peringatan ini bermaksud meningkatkan kesadaran akan risiko stroke pada anak dan mendorong orang tua serta pengasuh untuk berkonsultasi segera dengan dokter.

Meskipun demikian, kesadaran masyarakat tentang risiko stroke pada anak masih minim. Bahkan, ada yang menolak bahwa masalah jantung dapat memengaruhi anak-anak.

Oleh karena itu, melalui upaya kesadaran ini dapat memberikan orang tua dan pengasuh informasi penting tentang pengenalan, pengobatan, dan perawatan pasca-stroke bagi anak-anak.

Sejarah

Pada tahun 1996, orang tua dari anak-anak yang mengalami hemiplegia bergabung untuk membentuk sebuah komunitas, yang dikenal dengan nama Asosiasi Hemiplegia dan Stroke Anak. Inisiatif ini mendorong kesadaran akan kondisi tersebut. Dengan Rumah Sakit Anak Philadelphia memulai program pertama yang secara khusus mengatasi stroke pada anak pada tahun 2002.

Sejak itu, rumah sakit ini terus meningkatkan kesadaran tentang pencegahan, gejala, dan pengobatan stroke pada anak-anak. Sejak tahun 2002, penting untuk menyoroti kasus stroke dan serangan jantung pada anak-anak. Meskipun anak-anak memiliki risiko terkena stroke, orang tua sering kali tidak memiliki pengetahuan atau keterampilan untuk mengatasi serangan secara tepat waktu. Senat Amerika Serikat mengikuti langkah ini dengan mengeluarkan resolusi pada tahun 2007, menetapkan hari Sabtu pertama pada bulan Mei sebagai Hari Peduli Stroke Anak.

Cara Memperingati Hari Peduli Stroke Anak

Cara paling mudah untuk kita memperingati hari peduli stroke anak sedunia adalah dengan menyebarluaskan informasi ini sebanyak banyaknya kepada masyarakat. Agar mereka mengetahui dan waspada terhadap gejala stroke yang anak-anak mereka alami. Juga memberikan perawatan lebih kepada anak yang beresiko terkena stroke.

Baca Juga: Merdeka Belajar : Kurikulum Abadi Pendidikan Indonesia