BeritaBisnis

Tutup Bazar Culinary Ramadhan, Bupati Sukabumi Umumkan Omset UMKM Naik Drastis

95
×

Tutup Bazar Culinary Ramadhan, Bupati Sukabumi Umumkan Omset UMKM Naik Drastis

Sebarkan artikel ini
Penutupan Bazar Culinary Ramadhan 1445 Hijriah, yang berlangsung di Area Parkir Sukabumi Craft Center, pada Minggu (31/03/2024). | Doc: IG sukabumikab

Sukabumihitz – Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami, secara resmi menutup Bazar Culinary Ramadhan 1445 Hijriah yang diselenggarakan oleh Dekranasda Kabupaten Sukabumi. Acara penutupan berlangsung meriah di Area Parkir Sukabumi Craft Center pada Minggu (31/3).

Wakil Bupati Sukabumi, H. Iyos Somantri, dan Sekda Ade Suryaman, serta sejumlah kepala perangkat daerah di Kabupaten Sukabumi turut hadir dalam acara ini.

Dua pekan berlangsungnya bazar ini ternyata tak hanya memberikan pengalaman kuliner yang memuaskan bagi masyarakat, tetapi juga mengukir prestasi ekonomi yang luar biasa. Dengan kehadiran sekitar 40 tenan, bazar berhasil mencatatkan omset sebesar Rp 445.642.000. Angka ini menunjukkan peningkatan sebesar 5,3 persen dari tahun sebelumnya,

“Ini satu hal yang luar biasa. Kita masih bisa survive dengan meningkatkan omset para pelaku UMKM,” ungkap Marwan.

Baca juga: Belum Lulus SNBP 2024? Tenang, Masih Ada Peluang Untuk Meraih Impian Besarmu

Melalui akun Instagram Dokpim Kabupaten Sukabumi, dalam upaya menjaga dan meningkatkan omset, Marwan mengajak para pelaku UMKM untuk terus berinovasi, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi dalam memperluas jangkauan pasar.

“Selain menjual secara luring, maksimalkan penjualan dengan daring. Sehingga, bisa melebarkan market penjulan dan produk UMKM Sukabumi,” ujarnnya.

Dalam konteks pengembangan UMKM di Sukabumi, Bupati Hamami juga mengusulkan perluasan kegiatan bazar ke berbagai wilayah, tidak hanya terpaku pada satu tempat setiap tahunnya.

“Kalau bisa ke depan, lokasinya acaranya berpindah-pindah. Sehingga, potensi daerah bisa muncul dan semakin dikenal masyarakat,” kata Marwan.

Sementara itu, di akhir kegiatan Bazar Culinary Ramadhan, berbagai penyerahan penghargaan diberikan kepada para tenan dan peserta lomba. Hal ini sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi mereka dalam bazar tersebut.

Tidak hanya itu, Bupati Sukabumi, Wakil Bupati, dan Sekda juga memanfaatkan momentum ini untuk menyalurkan zakat maal kepada Baznas setempat sebagai wujud kepedulian terhadap sesama.

Baca juga: HIMASI Universitas BSI Sukabumi Sukses Gelar Konsultasi Skripsi dan TA Bagi Mahasiswa Sistem Informasi Tingkat Akhir