AgamaBerita

Perayaan Salat Idul Adha 1445 Hijriah di Kota Sukabumi, Memperkokoh Keimanan dan Meningkatkan Kepedulian

53
×

Perayaan Salat Idul Adha 1445 Hijriah di Kota Sukabumi, Memperkokoh Keimanan dan Meningkatkan Kepedulian

Sebarkan artikel ini
Idul Adha 1445 Hijriah
Masyarakat kota Sukabumi saat melaksanakan shalat Idul Adha di Lapang Merdeka | Sumber: kdp.sukabumikota.go.id

Sukabumihitz – Pemerintah Kota Sukabumi melaksanakan Salat Idul Adha 1445 Hijriah di Lapang Merdeka, Senin (17/6) pagi. Acara ini dihadiri oleh Penjabat Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi. Pj Ketua TP-PKK Kota Sukabumi, serta sejumlah aparatur sipil negara (ASN) yang berbaur dengan warga untuk menunaikan Salat Idul Adha.

Mengutip dari kdp.sukabumikota.go.id, dalam sambutannya Pj Wali Kota Sukabumi mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah kepada seluruh umat Islam di Kota Sukabumi. Ia mengajak masyarakat untuk merenungkan makna Idul Adha, yang menekankan pada keikhlasan dan kepedulian.

“Peristiwa pengorbanan Nabi Ibrahim AS setelah Beliau menerima wahyu Allah SWT, yang memerintahkan Beliau menyembelih puteranya Ismail AS. Sungguh menjadi sebuah ujian keimanan yang amat berat dilaksanakan, bahkan tidak terbayangkan dari segi kemanusiaan,” ujar Kusmana.

Baca juga: Kapolres Sukabumi Kota Hadirkan Turnamen MMA di Hari Bhayangkara ke-78

Kusmana juga mengajak seluruh masyarakat untuk menggunakan momentum Hari Raya Idul Adha ini sebagai kesempatan untuk meningkatkan keikhlasan dan kepedulian terhadap sesama.

“Marilah kita jadikan momentum Hari Raya Idul Adha ini sebagai persentase keikhlasan yang sempurna dengan berqurban. Muliakanlah saudara-saudara kita dengan cara berqurban dan saling berbagi. Hilangkan perbedaan di antara kita, serta tingkatkan kualitas diri, sehingga bisa berguna bagi orang di sekitar kita,” ungkapnya.

Ia berharap bahwa ibadah qurban ini tidak hanya sebagai rutinitas ritual, tetapi juga sebagai cara untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Serta untuk menguatkan nilai-nilai kemanusiaan dan keadilan.

“Dalam kerangka inilah, sejalan dengan hikmah Idul-Qurban, maka hal ini merupakan momentum yang tepat bagi kita semua. Khususnya bagi yang mampu untuk mengasah keikhlasan dan kepedulian sosial terhadap sesama. Dengan menyembelih hewan qurban yang dagingnya dibagikan bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan,” ujarnya.

Penjabat Wali Kota Sukabumi mengakhiri sambutannya dengan mengajak masyarakat untuk mengambil pelajaran dan nilai dari ibadah Haji dan Qurban. Tujuannya menerapkan dalam kehidupan sehari-hari, untuk memajukan Kota Sukabumi menuju kemakmuran dan kesejahteraan yang lebih baik, baik secara fisik maupun spiritual.

Baca juga: Berpuasa di Bulan Dzulhijjah, Amalan Mulia Menuju Idul Adha