Berita

Korsleting Listrik Picu Kebakaran di Pondok Pesantren Az-Zain Caringin Sukabumi, Kerugian Capai Ratusan Juta

22
×

Korsleting Listrik Picu Kebakaran di Pondok Pesantren Az-Zain Caringin Sukabumi, Kerugian Capai Ratusan Juta

Sebarkan artikel ini
Pondok Pesantren Az-Zain
Gambar ilustrasi | sumber: freepik

Sukabumihitz – Pondok Pesantren Az-Zain di Desa Talaga, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi, mengalami kebakaran pada Kamis (29/8) dini hari. Kebakaran tersebut berawal dari bangunan asrama santri putra yang berada di lantai dua.

Kejadian ini dilaporkan terjadi sekitar pukul 02.10 WIB di Kampung Cibalung, RT 03/04. Dudi Darmawidi, Wakil Komandan Pos IV Dinas Pemadam Kebakaran Cisaat, mengungkapkan bahwa pihaknya menerima laporan pertama mengenai kebakaran ini pada pukul 02.34 WIB. Saat menerima laporan, api sudah membakar atap bangunan asrama dengan cepat.

“Terima laporan dari pihak yayasan bapak Endang Satori pukul 02.34 WIB. Bermula api dari ruangan pondok laki-laki yang di lantai dua,” ujar Dudi mengutip dari detikJabar.

Menurut Dudi, area yang terkena dampak kebakaran meliputi bangunan dua lantai, supermarket milik yayasan, serta ruang kelas dengan total luas sekitar 250 meter persegi.

Tim pemadam kebakaran segera menerjunkan satu unit kendaraan ke lokasi, berserta tiga unit tambahan dari Pos Cibadak, Parungkuda, dan Sukaraja untuk memadamkan api.

Petugas kebakaran saat memadamkan api di Pondok Pesantren Az-Zain | sumber: lingkarpena.id

Baca juga: Mahasiswa Sukabumi Tuntut Keadilan, Suara Tuntutan Menggema Hingga Malam

Sementara itu, Kapolsek Caringin Polres Sukabumi, Ipda Sugiarto, menyampaikan bahwa berdasarkan keterangan saksi-saksi di tempat kejadian, korsleting listrik di lantai dua asrama santri putra sebagai pemicu kebakaran tersebut.

Kobaran api dengan cepat merembet ke beberapa ruangan lain, termasuk majelis taklim, kantin, kantor guru, supermarket yayasan, dan ruang belajar.

“Kebakaran tersebut juga menyebar ke ruangan majelis taklim. Serta ke ruangan kantin dan kantor guru yang berada di bawahnya, supermarket milik yayasan dan ruangan belajar,” kata Sugiarto.

Untungnya, tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. Api berhasil petugas padamkan sepenuhnya pada pukul 04.00 WIB setelah itu tim pemadam kebakaran melakukan proses pendinginan. Meski demikian, kerugian akibat kebakaran ini diperkirakan mencapai sekitar Rp800 juta.

Baca juga: Kang Mak from Pee Mak Tembus 3,1 Juta Penonton, Sukses Remake Setelah Miracle in Cell No. 7