BeritaHealthLifestyle

7 Kiat Awet Muda yang Tidak Ribet dan Terbukti Berkhasiat

148
×

7 Kiat Awet Muda yang Tidak Ribet dan Terbukti Berkhasiat

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi | Doc: freepik.com

Sukabumihitz – Banyak orang berupaya mengikuti perawatan kulit berharga tinggi sebagai upaya untuk menjaga kesan awet muda. Padahal, langkah-langkah sederhana juga dapat diambil sebagai alternatif, memberikan hasil yang tak kalah efektif baik untuk penampilan maupun kesehatan.

Mengutip dari alodokter.com, pada dasarnya penuaan merupakan proses alami yang terjadi pada semua orang. Seiring bertambahnya usia, kulit cenderung kehilangan elastisitasnya, yang kemudian memunculkan tanda-tanda penuaan seperti garis halus, kerutan, dan munculnya bercak atau flek pada kulit.

Keinginan untuk tetap awet muda merupakan dambaan banyak orang. Meskipun pasar dipenuhi dengan produk perawatan kulit mahal dan prosedur estetika, sebenarnya, rahasia awet muda dapat ditemukan dalam langkah-langkah sederhana yang dapat kita lakukan setiap hari.

Berikut 5 cara awet muda yang mudah untuk dilakukan:

  1. Menjalani pola makan sehat

Langkah utama dan paling mudah agar tetap awet muda adalah menjalani pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bernutrisi. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi agar terlihat awet muda:

  • Buah-buahan, seperti pepaya, alpukat, dan delima
  • Kacang-kacangan, misalnya almond dan walnut
  • Minyak sehat, seperti virgin coconut oil dan minyak zaitun
  • Sayuran, seperti selada air, brokoli, dan bayam
  • Cokelat hitam

Tidak hanya mengandung banyak nutrisi, seperti serat, vitamin, dan mineral, berbagai makanan di atas juga kaya antioksidan yang mampu menangkal efek radikal bebas penyebab munculnya tanda-tanda penuaan dini.

  1. Berolahraga secara rutin

Seiring dengan bertambahnya usia, elastisitas kulit akan berkurang karena produksi kolagen dan massa otot menurun. Proses penuaan bahkan akan berlangsung lebih cepat apabila kurang aktif bergerak.

Melakukan aktivitas olahraga secara teratur dapat membantu membangun jaringan otot dan mencegah kulit mengendur. Selain itu, olahraga juga berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh, terutama kesehatan jantung, otak, dan kepadatan tulang.

Dengan melakukan olahraga secara teratur, bukan hanya mempertahankan penampilan awet muda, tetapi juga mengurangi risiko terkena berbagai penyakit yang sering terkait dengan penuaan, seperti penyakit jantung, osteoporosis, dan demensia.

  1. Mencukupi waktu istirahat

Salah satu cara untuk mempertahankan penampilan awet muda adalah dengan memastikan tidur yang cukup, idealnya sekitar 7-9 jam setiap malam. Tindakan ini berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini.

Dengan mendapatkan cukup waktu tidur, tubuh dan kulit memiliki kesempatan untuk meregenerasi dengan lebih optimal, menghasilkan kulit yang tetap kencanag dan segar.

Posisi tidur juga memiliki peran penting, di mana tidur dalam posisi telentang terbukti lebih baik untuk menjaga kesehatan kulit wajah, berbeda dengan posisi telungkup yang dapat meningkatkan risiko kerutan karena gesekan dengan bantal.

  1. Membersihkan kulit wajah secara rutin

Merawat kulit tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Cukup dengan membersihkan wajah minimal dua kali sehari dan menggunakan pelembap, serta selalu mengenakan tabir surya ketika beraktivitas di luar.

Pelembap berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit, mencegahnya dari kekeringan dan keriput. Sementara itu, tabir surya dengan SPF 30 atau lebih memberikan perlindungan terhadap sinar UV yang dapat merusak kulit.

Dengan menggunakan keduanya, kulit dapat tetap sehat, terhindar dari tanda-tanda penuaan dini, serta melawan berbagai masalah kulit seperti hiperpigmentasi dan risiko kanker kulit.

  1. Memenuhin kebutuhan cairan tubuh

Menjaga keseimbangan cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih sebanyak minimal 8 gelas setiap hari dapat menjadi cara efektif untuk menjaga kesan awet muda. Kebiasaan baik ini dapat memastikan kulit tetap lembap, bercahaya, dan terhindar dari risiko dehidrasi yang dapat menyebabkan kulit kering dan keriput.

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh juga memiliki peran dalam mendukung fungsi pencernaan, sirkulasi darah, dan fungsi ginjal dalam proses detoksifikasi dari racun-racun.

  1. Mengelola stress

Ketika mengalami tekanan dan stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol yang dapat mengakibatkan kerusakan pada sel-sel tubuh. Hal ini dapat meningkatkan risiko penuaan dini. Selain itu, dampak stres juga dapat menyebabkan kesulitan tidur dan gangguan pola makan, yang pada akhirnya dapat mempercepat proses penuaan.

  1. Menghindari paparan sinar matahari berlebih dan polusi

Hindari paparan sinar matahari terlalu lama, terutama pada pukul 10 pagi hingga 4 sore. karena pada periode tersebut intensitas radiasi sinar UV lebih tinggi, dapat merusak jaringan kulit. Selain itu, hindari paparan polusi seperti asap rokok dan asap kendaraan, karena dampak polusi pada kulit dapat memicu penuaan dini, iritasi kulit, dan meningkatkan risiko kanker kulit.

Beberapa cara tersebut tidak hanya bermanfaat untuk menjaga penampilan tetap muda, tetapi juga memberikan manfaat positif bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Untuk meraih hasil yang terbaik, diperlukan kedisiplinan dan menjadikannya sebagai rutinitas kehidupan sehari-hari.

Baca juga: 5 Air Terjun Yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Ke Sukabumi