BeritaTravelWisata

5 Air Terjun Yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Ke Sukabumi

448
×

5 Air Terjun Yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Ke Sukabumi

Sebarkan artikel ini
Curug Cikaso | sumber: tripadvisor.com

iSukabumihitzKabupaten Sukabumi merupakan salah satu kabupaten terluas yang ada di Pulau Jawa, namun tak hanya terkenal dengan julukan tersebut, ternyata Kabupaten Sukabumi juga mempunyai banyak tempat wisata indah yang layak untuk dikunjungi.

Salah satu tempat wisata yang di sukabumi adalah air terjun, dan inilah rangkuman dari beberapa air terjun yang ada di sukabumi yang wajib kamu kunjungi:

  1. Curug Cikaso

Curug Cikaso | sumber: tripadvisor.com

Curug ini merupakan salah satu destinasi wisata alam yang terkenal di Sukabumi, Jawa Barat. Terkenal karena keunikannya. Keunikan Curug Cikaso terletak pada tiga tingkat air terjunnya yang membentuk panorama alam yang menakjubkan. Air terjun ini disebut juga sebagai Curug Asepan, Curug Aka, dan Curug Meong.

Curug Cikaso terletak di Desa Ciniti, Kecamatan Cibitung, Sukabumi. Meskipun akses menuju curug bisa menghadirkan tantangan karena jalur yang berliku dan tanah berbatu, tetapi keindahan alam sekitarnya membuat perjalanan tersebut menjadi pengalaman yang memuaskan bagi para pengunjung. Harga tiket masuk ke Curug Cikaso adalah RP 5.000, dengan harga parkir kendaraan roda dua Rp. 10.000/hari dan mobil Rp. 15.000

  1. Curug Sawer

Curug Sawer | sumber: dejava.net

Terletak di Desa Gede Pangrango Kec. Kadudampit, kabupaten sukabumi, curug Sawer dikelilingi oleh hutan tropis dan pepohonan hijau yang memberikan suasana alam yang sejuk dan segar. Curug Sawer memiliki air terjun yang tinggi dengan debit air yang cukup besar. Keindahan air terjun ini membuatnya menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung.

Suasana di sekitar Curug Sawer sangat indah, dengan kehijauan alam dan tebing-tebing yang mengelilingi air terjun. Suara gemericik air terjun memberikan pengalaman yang menenangkan dan mempesona bagi para pengunjung.

Selain menikmati keindahan air terjun, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas seperti berfoto, piknik, atau hanya menikmati ketenangan alam sekitar Curug Sawer. Beberapa area sekitar curug mungkin sudah lengkap dengan tempat istirahat atau warung makan yang menjual makanan dan minuman ringan.

Dengan Harga tiket masuk 16.000 saat weekday dan 18.500 saat weekend anda sudah dapat menikmati keindahaan alam curug sawer ini

  1. Curug Ngumpet

Curug Ngumpet | sumber: ksmtour.com

Curug Ngumpet terletak di Desa Cimelati, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Lokasinya berada di kawasan pegunungan, menyuguhkan keindahan alam yang asri. Nama “Ngumpet” berasal dari bahasa Indonesia yang berarti “bersembunyi”. Mungkin nama ini diberikan karena air terjun ini tersembunyi di antara hutan dan relatif jarang diketahui banyak orang.

Akses menuju Curug Ngumpet mungkin melibatkan perjalanan melalui jalan setapak atau jalur trekking di area pegunungan. Beberapa rute menuju curug mungkin membutuhkan perjalanan pendek di dalam hutan atau melintasi sungai kecil.

Harga tiket masuk ke Curug Ngumpet mungkin bervariasi, tergantung pada kebijakan pengelola atau pemerintah setempat. Pastikan untuk memeriksa informasi terkini sebelum mengunjungi.

  1. Curug Cimarinjung

Curug Cimarinjung | sumber: larismanis.com

Berlokasi di kampung Cimarinjung, Desa Ciwaru, Ciemas, Sukabumi. Curug ini memiliki keunikan dengan adanya dua tingkat air terjun dan memiliki posisi yang menghadap langsung kearah Samudera Hindia. Cimarinjung buka pada pukul 09.00 pagi hingga pukul 17.00 sore.

Pengunjung akan bisa menyaksikan megahnya aliran curug Cimarinjung yang berada di tengah bentangan tebing yang tinggi. Airnya mengalir ke telanga dengan pagar batu alami mengelilinginya. Derasnya air terutama pada musim hujan membuat curug ini terlalu berbahaya untuk dieksplorasi dari jarak dekat.

Pengunjung bisa menyaksikan kekokohan tebing yang terbentuk secara alami sejak zaman dahulu. Panorama inilah yang akan memunculkan suasana yang eksotis.

  1. Curug Bibijilan

curug bibijilan
Curug Bibijilan | sumber: siaptv.com

Dengan hanya perlu membayar sebesar Rp. 4000 per orang, anda dapat menikmati keindahan alam yang indah dan asri yaitu curug Bibijilan.  Asal usul nama curug bibijilan berasal dari Bahasa Sunda yang artinya air terjun bermunculan, maksudnya karena sumber air curug berasal dar batu kapur yang berasal dari gua batu ayu.

Curug bibijilan telah menyediakan warung jadi pengunjung tidak perlu khawatir jika ingin membeli makanan setelah menikmati indahnya curug, juga sudah tersedia mushola untuk sholat.

Curug ini terletak di Kampung Lebak Nangka, Desa Kerta Angsana, Kec. Nyalindung, Sukabumim Jawa Barat.

Baca juga: 10 Rekomendasi Wisata Pantai Terbaik di Sukabumi