Pendidikan

Kopertais Wilayah II Jabar:  STEI SEBI Sudah Layak “Naik Kelas” Jadi Institut atau Universitas

158
×

Kopertais Wilayah II Jabar:  STEI SEBI Sudah Layak “Naik Kelas” Jadi Institut atau Universitas

Sebarkan artikel ini
STEI SEBI Depok menerima kunjungan dari Kopertais Wilayah II Jawa Barat dalam rangka Monitoring dan Evaluasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS),  Selasa, 3 Juli 2023. (Foto: Dok STEI SEBI)

Sukabumihitz.com, Depok- STEI SEBI Depok menerima kunjungan dari Kopertais Wilayah II Jawa Barat dalam rangka Monitoring dan Evaluasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS),  Selasa, 3 Juli 2023.  Pada kunjungan kali ini, yang bertindak sebagai asesor adalah  Prof. Dr. Sahya Anggara, M.Si. dan didampingi oleh Imron Abdullah.

Kunjungan dilakukan secara langsung atau luring (luar jaringan) bertempat di Kampus STEI SEBI, Depok. Kegiatan diawali dengan keliling wilayah kampus dengan meninjau langsung ruang kuliah, bangunan asrama, ruang perpustakaan dan koleksi yang dimiliki, laboratorium komputer dan menyempatkan berbincang dengan petugas terkait. Kemudian, kegiatan monev dilanjutkan dengan acara pengarahan dari asesor di Ruang Rapat STEI SEBI.

Prof. Dr. Sahya Anggara, M.Si. memaparkan bahwa tujuan utama monitoring dan evaluasi (Monev) kali ini adalah untuk “menyehatkan” Perguruan Tinggi. “Orientasi dari monev kali ini adalah untuk menyehatkan Perguruan Tinggi karena sebagian besar Perguruan Tinggi  di wilayah Kopertais II saat ini dalam keadaan tidak sehat,”  kata Prof. Sahya  seperti dikutip dalam rilis yang diterima Sukabumihitz.com.

Ia  juga memaparkan terkait tindakan alternatif yang dilakukan terhadap Perguruan Tinggi yang dinyatakan tidak sehat. Yakni; penggabungan/merger Perguruan Tinggi, arahan untuk merekrut professional, dan  “menjual” perguruan tinggi.  “Jika tidak bisa dilakukan tiga langkah awal sebelumnya, maka Perguruan Tinggi direkomendasikan untuk ditutup,” ujarnya.

Naik Kelas Jadi Institut atau Universitas

Prof.  Sahya memberikan masukan-masukan yang membangun bagi STEI SEBI. Di  sela-sela pemaparannya, Prof. Sahya mengatakan bahwa STEI SEBI sudah layak untuk “naik kelas”. “Jika melihat dari jumlah mahasiswa, fasilitas dan akreditasi, STEI SEBI ini sudah siap untuk meningkat ke tingkat yang lebih atas, institut atau bahkan langsung melakukan gebrakan ke Universitas,” tuturnya.

Terkait  monev dari asesor, Ketua STEI SEBI  Dr Sigit Pramono mengucapkan terima kasih dan sangat mengapresiasi masukan untuk kemajuan STEI SEBI. “Kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran Prof. Sahya di kampus SEBI dan berkenan memberikan masukan yang  berharga untuk pengajuan STEI SEBI dalam waktu dekat ini,” respon Dr. Sigit Pramono

Kegiatan monev diakhiri dengan tanya jawab yang dilakukan antara asesor dan pengelola Perguruan Tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *