Berita

Seleksi Paskibraka Kota Sukabumi 2024, Membangun Semangat Kebangsaan dan Kekompakan Generasi Muda

120
×

Seleksi Paskibraka Kota Sukabumi 2024, Membangun Semangat Kebangsaan dan Kekompakan Generasi Muda

Sebarkan artikel ini
Pelaksanan Seleksi Paskibraka Kota Sukabumi Tahun 2024, yang berlangsung di Gor Suryakencana, Rabu (06/03/2024). | Doc: IG dokpimkotasukabumi

Sukabumihitz – GOR Suryakencana menjadi saksi semangat juang 261 peserta yang turut serta dalam seleksi Paskibraka Kota Sukabumi Tahun 2024. Acara ini digelar oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) pada Rabu (06/3).

Seleksi Paskibraka ini menjadi tonggak awal bagi para pemuda dan pemudi Kota Sukabumi dalam membangun ketahanan bangsa, serta kekompakan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia.

Dalam sambutannya penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, menegaskan bahwa seleksi ini akan berlangsung dari tanggal 6 – 8 Maret 2024. Hartadji memberikan motivasi kepada peserta untuk mempersiapkan diri dengan baik, baik secara fisik maupun mental, serta menjaga semangat dan kesabaran dalam menghadapi segala tantangan yang ada.

“Konsekuensinya harus siap terpilih atau tidak terpilih, yang penting terus berikhtiar. Persiapkan mental dan fisik, termasuk berdoa,” ujar Kusmana, mengutip dari KDP Kota Sukabumi.

Selain itu, Hartadji juga menekankan pentingnya proses seleksi yang adil dan transparan oleh panitia seleksi, serta memberikan apresiasi kepada semua peserta yang telah berpartisipasi dengan penuh semangat.

Peserta Seleksi Paskibraka Kota Sukabumi Tahun 2024. | Doc: IG dokpimkotasukabumi

Baca juga: Wakil Bupati Sukabumi Pantau Operasi Pasar Murah untuk Stabilisasi Harga Pangan

“Paskibraka bukan hanya tentang baris-berbaris, tetapi juga harus berperan aktif dalam membangun ketahanan bangsa, kekompakan, dan dalam meniti karir. Seleksi ini merupakan silaturahmi dan masa depan bangsa ada di pundak generasi muda,” tegas Kusmana.

Hartadji memberikan dorongan kepada peserta yang mungkin tidak berhasil lulus seleksi untuk tetap bersemangat dan tidak berputus asa. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Kesbangpol, juri, dan alumni Paskibraka Kota Sukabumi atas kerja keras mereka dalam menyelenggarakan seleksi ini.

Seleksi Paskibraka 2024 terdiri dari beberapa tahap, termasuk seleksi administrasi, praktik, dan tes intelegensi daring. Para peserta akan diuji dalam kemampuan baris-berbaris, pengetahuan umum, serta pemahaman akan wawasan kebangsaan. Harapannya seleksi ini dapat menghasilkan Paskibraka yang berkualitas, dan siap untuk mewakili Kota Sukabumi dengan bangga di Hari Kemerdekaan Indonesia.

Baca juga: Tim SAR Gabungan Temukan Ibu Rumah Tangga yang Melompat ke Sungai Cicatih di Cibadak Sukabumi