Berita

Ribuan Kendaraan Memadati Gerbang Exit Tol Parungkuda, One Way Sempat Diberlakukan

209
×

Ribuan Kendaraan Memadati Gerbang Exit Tol Parungkuda, One Way Sempat Diberlakukan

Sebarkan artikel ini
Tol Bocimi Parungkuda
Gerbang Tol Bocimi Parungkuda | Doc: IG.official.bocimi.

Sukabumihitz – Satlantas Polres Sukabumi terapkan dua kali sistem satu arah atau One Way di ruas jalan nasional Sukabumi-Bogor pada Senin (25/12).

Sistem satu arah atau one way diberlakukan karena meningkatannya volume kendaraan arus balik Natal 2023 yang terjadi sepanjang jalur dari Sukabumi ke Bogor, khususnya sekitar Exit Tol Parungkuda.

Rekayasa lalu lintas ini dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama mulai pukul 16.00 WIB dengan penerapan sistem satu arah selama 20 menit. Sementara tahap kedua pada pukul 17.00 WIB dengan durasi 25 menit.

Dengan memprioritaskan arus lalu lintas kendaraan dari Sukabumi arah Bogor. Sementara kendaraan yang bergerak sebaliknya berhenti sekitar wilayah depan pabrik PT Promed dan di Traffic Light Exit Tol Parungkuda.

Mengutip dari sukabumiupdate.com, Ipda M Yanuar Fajar selaku Kanit Gakkum Satlantas Polres Sukabumi, mengatakan langkah ini sebagai tindakan karena arus kendaraan yang menuju Tol Parungkuda dari wilayah Cibadak atau Kota Sukabumi lebih mendominasi.

“Alhamdulillah, dengan adanya one way, arus balik semakin terurai, dan masyarakat dapat berkendara dengan lancar,” ujar Fajar.

Fajar menegaskan bahwa tidak akan menerapkan sistem satu arah ini pada malam hari. Karena ada potensi dapat menyebabkan kejadian kecelakaan lalu lintas.

Pihak kepolisian akan terus meninjau kebutuhan penerapan rekayasa lalu lintas ini dalam beberapa hari ke depan. Keputusan ini bersifat situasional, dengan penekanan pada tingkat prioritas saat arus lalu lintas mencapai kepadatan tertinggi.

Baca juga: Lonjakan Kunjungan Wisatawan di Pantai Citepus Sukabumi Saat Libur Natal dan Tahun Baru