BeritaPendidikan

Prof. Dr. Ir. Mochamad Wahyudi Raih Gelar Guru Besar ke-63 di LLDikti Wilayah III

244
×

Prof. Dr. Ir. Mochamad Wahyudi Raih Gelar Guru Besar ke-63 di LLDikti Wilayah III

Sebarkan artikel ini

Sukabumihitz.com – LLDikti Wilayah III telah mengadakan pertemuan untuk melaksanakan Penyerahan Surat Keputusan (SK) yang dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia dengan Nomor 58746/M/07/2023 pada Jumat (6/10), mengenai Kenaikan Jabatan Akademik Fungsional Dosen sebagai Profesor.

Sebanyak 5 orang di LLDikti Wilayah III yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi menerima pengakuan sebagai Guru Besar, termasuk Prof. Dr. Ir. Mochamad Wahyudi, M.M., M.Kom., M.Pd, IPU, ASEAN,Eng, yang juga menjabat sebagai Rektor Universitas BSI (Bina Sarana Informatika).

Prof. Dr. Ir. Mochamad Wahyudi mengusulkan kenaikan jabatan ke tingkat Profesor dari jabatan Lektor Kepala 700, dan usulannya diterima setelah satu kali revisi. Sebagai hasilnya, ia diangkat menjadi seorang Profesor dalam bidang Ilmu komputer. Ia mendapat angka kredit sebesar 918, dan menempati posisi Guru Besar ke-63 pada tahun 2023.

Baca juga: Jakarta Tuan Rumah Pertemuan Penyair Nusantara (PPN)  XIII

Kepala LLDikti Wilayah III, Prof. Dr. Toni Toharudin, S.Si, M.Sc, melakukan penyerahan SK Guru Besar secara langsung dalam sebuah acara pada Jumat (20/10). Acara ini berlangsung di Ruang Ki Hajar Dewantara, Lantai 2 Kantor LLDikti Wilayah III, Jakarta Timur.

Dalam kesempatan ini, juga turut hadir Ketua Yayasan dari berbagai Perguruan Tinggi, termasuk Ketua Yayasan Bina Sarana Informatika (BSI), Efriadi, serta Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Universitas BSI, Diah Puspitasari.

Prof. Toni Toharuddin, dalam sambutannya, menyampaikan harapan dan rasa terima kasih kepada para penerima SK Guru Besar. “Alhamdulillah sekarang posisinya sudah mencapai 63 untuk Guru Besar yang kami targetkan 50, mudah-mudahan masih bertambah. 5 Guru Besar yang akan menerima SK ini semuanya seragam, hanya satu kali revisi tidak ada yang mulus”, ujar Toni.

Di sisi lain, Prof. Dr. Ir. Mochamad Wahyudi mengungkapkan rasa syukur dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, pada hari ini saya yang mewakili Perguruan Tinggi sekaligus yang menerima Surat Keputusan (SK) Guru Besar tersebut. Alhamdulillah di support penuh oleh LLDikti Wilayah III. Saya mengajukan dari tahun lalu (2022) dari bulan oktober, kemudian ada revisi. Alhamdulillah SK nya sudah saya terima per tanggal 1 Oktober 2023 untuk TMT nya, perjuangan jadi dosen selama 25 tahun”, ungkap Wahyudi.

Baca juga: Siswa SMAN 3 Sukabumi Antusias Terima Beasiswa Kuliah di BSI

Prof. Dr. Ir. Mochamad Wahyudi berbagi cerita tentang pengalamannya sebagai Lektor Kepala sejak tahun 2008. Setelah menjabat selama 15 tahun dalam posisi tersebut, beliau sekarang telah menjadi Guru Besar. “Mudah-mudahan pencapaian ini bisa memotivasi rekan-rekan dosen khususnya dosen di kampus Universitas BSI sebagai Kampus Digital Kreatif. Di Universitas BSI kami awalnya mengelola Akademi, mungkin dosen yang berpikir kuliah S3 masih jarang pada saat itu dan S2 itu sudah tinggi banget, dan kami bertransformasi tahun 2018 menjadi Universitas”, ucapnya.

Selama proses transformasi tersebut, ia mengungkapkan bahwa saat ini sekitar 50 dari total sekitar 120 dosen di Universitas BSI sedang mengejar gelar S3. “Mudah-mudahan nanti menjadi cikal bakal bisa sampai Lektor Kepala sampai Guru Besar juga”, jelasnya.

 

Baca juga: Ingin Kuliah Tanpa Biaya? Berikut 5 Beasiswa Perguruan Tinggi Yang Bisa Menjadi Pilihan