Berita

PLN Icon Plus Bangun Infrastruktur Telekomunikasi Canggih di IKN, Langkah Besar Menuju Transformasi Energi

23
×

PLN Icon Plus Bangun Infrastruktur Telekomunikasi Canggih di IKN, Langkah Besar Menuju Transformasi Energi

Sebarkan artikel ini
PLN Icon Plus Bersama PLN Laksanakan Groundbreaking Telecommunication and Digital Centre di IKN. | Doc: Istimewa

Sukabumihitz – PLN Icon Plus, sebagai pionir dalam mewujudkan sistem ketenagalistrikan yang cerdas dan futuristik, telah mengambil langkah besar dengan membangun sistem telekomunikasi yang handal untuk smartgrid dan digitalisasi Ibu Kota Negara (IKN).

Langkah ini merupakan implementasi dari Hak Perlintasan yang Otorita Ibu Kota Negara (OIKN) berikan pada Desember 2023, kepada PLN Icon Plus sebagai penyedia jaringan telekomunikasi di IKN.

Pembangunan backbone telekomunikasi berbasis serat optik yang terintegrasi dengan sistem ketenagalistrikan mencapai tonggak penting dengan dilakukannya groundbreaking PLN Hub sebagai pusat smart electricity, telecommunication, and digital center.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, serta jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju, turut hadir pada Groundbreaking PLN Hub, menandakan komitmen tinggi pemerintah dalam mendukung transformasi energi dan digitalisasi di IKN.

PLN Icon Plus Bersama PLN Laksanakan Groundbreaking Telecommunication and Digital Centre di IKN. | Doc: Istimewa

Baca juga: Abaikan Peringatan, Wisatawan Asal Depok Tewas di Pantai Cisolok Sukabumi

Presiden Joko Widodo menyambut baik pembangunan PLN Hub sebagai sarana yang akan menghimpun semua stakeholder dan mitra terkait PT PLN. Ia juga menegaskan pentingnya kolaborasi dalam membangun infrastruktur yang andal dan modern.

“Saya sangat menghargai sekali dibangunnya PLN Hub yang nanti akan mengumpulkan semua stakeholder dan mitra yang berhubungan dengan PT PLN,” katanya, dalam rilis yang diterima, Sabtu (8/6).

Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo, menyoroti peran PLN Hub sebagai episentrum riset dan pengembangan untuk menerjemahkan visi masa depan IKN yang modern, futuristik, dan ramah lingkungan dalam sektor ketenagalistrikan.

“Kami mendapatkan kepercayaan untuk menerjemahkan visi masa depan IKN yang modern, futuristik, dan green dari sisi ketenagalistrikan. Terima kasih kami di berikan kesempatan membangun PLN Hub tepat di jantungnya IKN. Kami bangun PLN Hub yang menyatu dengan alam, mengerahkan arsitek-arsitek terbaik bangsa. Kami pastikan PLN Hub akan menjadi episentrum research and development. Episentrum kolaborasi bisnis, teknologi, dan pendidikan yang mendukung IKN dan transisi energi di Indonesia,” ujar Darmawan.

Baca juga: Waspada! Foto Anda di Facebook dan Instagram Jadi ‘Makanan’ AI Tanpa Izin

Sementara itu, Ari Rahmat Indra Cahyadi, Direktur Utama PLN Icon Plus, juga menekankan pentingnya infrastruktur telekomunikasi yang handal. Hal itu untuk menunjang keandalan sistem ketenagalistrikan di IKN. Menjadi fokus utama PLN Icon Plus sebagai Subholding Beyond kWh dari PT PLN (Persero).

PLN Icon Plus menegaskan komitmennya dalam mendukung sistem ketenagalistrikan yang berkelanjutan di IKN. Menyediakan layanan telekomunikasi terkini dan handal, serta memperkenalkan berbagai inisiatif ramah lingkungan untuk menciptakan ekosistem ‘Smart, Green, & Beautiful’.

Upaya PLN Icon Plus dalam membangun infrastruktur yang modern dan ramah lingkungan sejalan dengan visi pembangunan berkelanjutan di IKN. Hal tersebut mencakup berbagai inisiatif seperti internet, kendaraan listrik (EV), Internet of Things (IoT), dan Smart Home.

Melalui groundbreaking PLN Hub, PLN Icon Plus menunjukkan komitmennya untuk mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara yang modern, cerdas, dan berkelanjutan. Langkah ini tidak hanya memperkuat sektor telekomunikasi dan ketenagalistrikan Indonesia, tetapi sebagai landasan bagi inovasi dan kemajuan di masa depan.

Baca juga: Hari Laut Sedunia: Polres Sukabumi dan Masyarakat Gotong Royong Bersihkan Pantai Muara