Berita

Hari Laut Sedunia: Polres Sukabumi dan Masyarakat Gotong Royong Bersihkan Pantai Muara

20
×

Hari Laut Sedunia: Polres Sukabumi dan Masyarakat Gotong Royong Bersihkan Pantai Muara

Sebarkan artikel ini
Gambar Ilustrasi. | Doc: freepik

Sukabumihitz – Dalam rangka memperingati Hari Laut Sedunia 2024, Satuan Polisi Air dan Udara (Sat Polairud) Polres Sukabumi bekerja sama dengan masyarakat melaksanakan kegiatan bersih-bersih di Pantai Muara, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Sabtu (08/6).

Kasat Polairud Polres Sukabumi, AKP Tenda Sukendar, menjelaskan bahwa kegiatan bersih-bersih pantai ini bukan hanya sebagai tindak lanjut dari instruksi pimpinan Polda Jabar dan Polres Sukabumi, tetapi juga sebagai bentuk kepedulian nyata terhadap kelestarian dan kebersihan laut Sukabumi

“Kami menurunkan 15 personel yang dibantu masyarakat untuk membersihkan pantai yang berada di Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu. Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Laut Sedunia,” ujar Sukendar, mengutip dari Antara.

Baca juga: LSBPI MUI Gelar Workhsop Kaligrafi dan Diskusi “Remaja Bertanya, Ulama Menjawab” di Pondok Pesantren Santi Asromo Majalengka

Pemilihan Pantai Muara Citepus sebagai lokasi pembersihan bukan tanpa alasan. Pantai ini merupakan jalur alternatif bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke berbagai tempat wisata di Palabuhanratu dan sekitarnya. Kegiatan bersih-bersih ini bertujuan untuk memastikan wisatawan merasa nyaman dan aman saat mengunjungi pantai di kabupaten terbesar kedua di Pulau Jawa dan Bali ini.

Selama kegiatan berlangsung, banyak ditemukan sampah plastik dan sampah rumah tangga lainnya. Sampah tersebut berasal dari aliran sungai dan juga dari pengunjung yang membuang sampah sembarangan. Selain itu, terdapat juga sampah dari warung-warung di sekitar pantai, seperti kelapa dan botol bekas minuman.

Untuk mendukung kegiatan ini, Polairud menyediakan puluhan kantong plastik untuk menampung sampah. Setelah itu, petugas kebersihan kemudian mengangkut sampah-sampah tersebut.

AKP Tenda Sukendar mengajak masyarakat, khususnya pemilik warung dan pengunjung wisata, agar senantiasa membuang sampah pada tempatnya.

Melalui upaya pembersihan Pantai Muara ini, harapnya kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian laut dapat semakin tersebar di kalangan masyarakat.

Baca juga: Iwan Fals Gelar Konser Gratis Tur 25 Kota, Sukabumi Jadi Lokasi Pertama Konser