BeritaPendidikan

Pelatihan Creative Thinking In Programming: Maksimalkan Ramadhan Dengan Ilmu Pengetahuan

115
×

Pelatihan Creative Thinking In Programming: Maksimalkan Ramadhan Dengan Ilmu Pengetahuan

Sebarkan artikel ini
Pelatihan Creative Thinking In Programming: Build Interactive Game Without Code
Pelatihan Creative Thinking In Programming: Build Interactive Game Without Code

SukabumihitzUniversitas BSI kembali menyelenggarakan kegiatan “Berbagi Sesama Insan” yang rutin terselenggara di setiap bulan Ramadhan. Adapun salah satu rangkaian kegiatannya pada tahun ini adalah “Creative Thinking In Programming: Build Interactive Game Without Code”. Kegiatan ini berlangsung pada Selasa (2/4) di Universitas BSI Sukabumi dengan pesertanya yakni siswa/i dari SMA/Sederajat.

Tujuan dari kegiatan ini yakni untuk menyemarakkan bulan ramadhan dengan kegiatan yang lebih positif. Selain itu, para peserta pelatihan mendapatkan pengalaman baru untuk mencoba dunia programming sebelum nantinya masuk ke dunia perkuliahan.

Saeful Bahri selaku narasumber pada pelatihan ini menyebutkan bahwa saat ini teknologi sudah sangat dibutuhkan di berbagai bidang.

“Sekarang ini sudah banyak sekali mahasiswa yang masuk ke dunia IT. Ini karena kita harus selalu update dalam perkembangan teknologi,” ungkap Saeful.

Para peserta pelatihan yang hadir mendapatkan insight baru mengenai dunia IT melalui pembuatan game. Meskipun tanpa menggunakan kode program, ternyata kita dapat membuat skema game yang menarik. Saeful juga mengungkapkan bahwa pelatihan ini hanya awal dan baru bersifat perkenalan saja.

“Pelatihan ini sebenarnya baru awal. Jika nanti kalian masuk ke dunia IT, pasti akan lebih banyak hal yang lebih menarik. Misalnya membuat web atau aplikasi, atau misalnya membuat game namun nanti harus menggunakan kode program agar lebih baik hasilnya,” ujarnya.

Pelatihan Pembuatan Game Interaktif Tanpa Coding yang diselenggarakan oleh Universitas BSI Sukabumi
Pelatihan Pembuatan Game Interaktif Tanpa Coding yang diselenggarakan oleh Universitas BSI Sukabumi

Baca Juga: Buat Ramadhan Semakin Berarti dengan Menyebarkan Kebaikan Melalui Semangat Berbagi Sesama Insan

Kegiatan ini berjalan lancar dengan antusiasme yang tinggi dari para peserta. Selain itu, para siswa yang hadir juga mendapatkan pengalaman yang luar biasa selama pelatihan. Kegiatan ini juga sekaligus menjadi sarana mengenalkan Universitas BSI Sukabumi kepada para siswa yang hendak melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.

Gunawan selaku moderator pada kegiatan ini menyatakan bahwa dunia IT tidak memiliki batasan dan bahkan bisa berkembang ke bidang lainnya.

“Informatika itu implementasinya tidak melulu harus ke pembuatan web atau apilkasi aja ya. Tapi mungkin nanti misalnya teman-teman mau masuk ke dunia pendidikan, bisa untuk diterapkan ilmunya. Misalnya untuk adaptasi teknologi dan sebagainya. Dan Universitas BSI juga sangat mendukung teman-teman untuk lebih mengembangkan diri di berbagai bidang tersebut,” ungkap Gunawan.

Dengan adanya kegiatan ini semoga dapat memberikan insight baru kepada para pesertanya dalam memanfaatkan tools untuk menciptakan game interaktif sesuai pelatihan. Dan semoga dapat meningkatkan minat peserta didik untuk lebih mendalami dunia informatika.

Baca Juga: Hani Noviani Sabet Gelar Juara Pertama dalam Lomba Da’i/Da’iyah di AKSARA 2024