Berita

Pasca-Longsor, Tol Bocimi Seksi 2 Cigombong – Cibadak Akan Kembali Beroperasi Pada 24 September 2024

36
×

Pasca-Longsor, Tol Bocimi Seksi 2 Cigombong – Cibadak Akan Kembali Beroperasi Pada 24 September 2024

Sebarkan artikel ini
bocimi
Gerbang Tol Bocimi seksi 2 Cigombong – Cibadak | sumber: ig.official.bocimi.

Sukabumihitz – Pascalongsor yang terjadi pada (3/4), Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) seksi II, ruas Cigombong-Cibadak, dipastikan akan beroperasi kembali.

Kasatlantas Polres Sukabumi, AKP Fiekry Adi Perdana, mengungkapkan informasi tentang pembukaan kembali tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) seksi II ini.

“Kami mendapat informasi dari PT Trans Jabar Tol bahwa Tol Bocimi yang sempat longsor pada awal April lalu kembali beroperasi. Maka dari itu, kami sudah mempersiapkan segala sesuatunya. Khususnya pengamanan di hari pembukaan kembali Tol Bocimi ruas Cigombong-Cibadak,” ujar Fiekry mengutip dari antaranews.com.

Pembukaan ruas jalan tol yang sempat longsor di Desa Purwasari, Kecamatan Cicurug, dijadwalkan pada Selasa (24/9). Namun, untuk jam pembukaan belum mendapatkan informasi dari pihak PT TJT.

Fiekry menambahkan bahwa pihaknya terus berkoordinasi dengan TJT untuk memastikan jadwal operasional tol yang sempat tutup selama tujuh bulan tersebut.

Selain itu, personel Satlantas Polres Sukabumi telah bersiap di pintu masuk dan keluar tol untuk menghadapi kemungkinan lonjakan kendaraan yang dapat menyebabkan kemacetan.

Baca juga: Simak Tarif Terbaru Tol Bocimi Seksi 1 Ciawi-Cigombong, Berlaku Mulai 7 Agustus 2024

Keberadaan jalan tol sangat penting khususnya untuk warga Sukabumi yang ingin bepergian ke wilayah Jabodetabek, karena bisa menghemat waktu dan energi.

Dengan tol ini, perjalanan menuju Bogor hanya memerlukan waktu sekitar 45 menit, jauh lebih cepat dari jalur utama Sukabumi-Bogor yang bisa memakan waktu hingga tiga jam atau lebih. Keberadaan Tol Bocimi juga berfungsi untuk mengurangi kemacetan di jalur utama. Dengan kembalinya seksi II tol ini merupakan berita baik bagi masyarakat Sukabumi.

Fiekry berharap dengan kembali beroperasinya Tol Bocimi, perjalanan antara Sukabumi dan Jabodetabek dapat berlangsung dengan lancar dan nyaman. Serta dapat meningkatkan aksesibilitas dan efisiensi perjalanan bagi masyarakat setempat.

Sebagaimana kita ketahui, longsor yang terjadi pada (3/4) lalu mengharuskan penutupan ruas tol ini selama tujuh bulan untuk perbaikan. Selama perbaikan, kendaraan dari Sukabumi yang menuju Ciawi harus masuk melalui gerbang Tol Cigombong, dan sebaliknya, kendaraan dari arah Ciawi ke Sukabumi juga harus keluar di gerbang yang sama sebelum melanjutkan perjalanan melalui jalur utama Sukabumi-Bogor.

Baca juga: Pembangunan Tol Bocimi Seksi III Lancar, Target Operasi Lebaran 2025