Berita

Nelayan Sukabumi Terancam, Kerugian Mencapai Miliaran Rupiah Akibat Banjir Rob

70
×

Nelayan Sukabumi Terancam, Kerugian Mencapai Miliaran Rupiah Akibat Banjir Rob

Sebarkan artikel ini
Banjir Rob
Gambar ilustrasi. | Doc: Pixabay

Sukabumihitz – Dampak buruk banjir rob kembali melanda perairan Kabupaten Sukabumi pada Selasa (12/3). Situasi ini menyebabkan ribuan nelayan terpaksa menghentikan aktivitas melaut. Menurut data dari Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Sukabumi, sekitar 6 ribu nelayan terkena dampak langsung akibat kondisi ini.

Mengutip dari detikJabar, Radi Priadika, Sekretaris HNSI Kabupaten Sukabumi, menyatakan bahwa dari total 13 ribu anggota HNSI yang tersebar di seluruh wilayah kabupaten, sebagian besar adalah nelayan tangkap.

“Kan ada nelayan bakul, kalau seluruh 13 ribu orang, nelayan tangkap yang tidak melaut kurang lebih sekitar 6 ribuan nelayan. Kalau yang 100 persen tidak melaut, di wilayah Ujunggenteng ada 1500 nelayan lebih,” ujar Radi, Rabu (13/3).

Baca juga: Sukses Digelar, Campus Recruitment Bersama PT. Mandiri Utama Finance Berhasil Menarik Minat Pencari Kerja di Sukabumi

Ia juga mengungkapkan bahwa banyak perahu nelayan mengalami kerusakan serius di beberapa wilayah, termasuk Ujunggenteng, Tegalbuleud, dan Minajaya.

“Kejadian bermula tanggal 11 dan puncaknya di tanggal 12 tepatnya saat sahur pertama. Kenapa banyak nelayan yang kapalnya rusak, karena mereka sedang tidak melaut. Mereka melaksanakan Ramadan pertama. karena sudah kebiasaan apabila menghadapi 1 Ramadan tidak melaut. Saat perahunya tertambat terjadilah rob itu,” jelas Radi.

Dalam upaya mengatasi situasi ini, HNSI telah mengeluarkan imbauan kepada nelayan di pesisir, khususnya di Ujunggenteng, untuk tidak melaut demi keselamatan mereka.  Selain itu, untuk membantu para nelayan yang terdampak, HNSI akan berkoordinasi dengan pemerintah setempat dan instansi terkait lainnya.

“Total kerugian Rp 4,5 miliar, bukan hanya perahu banyak juga bangunan milik nelayan seperti di Ujunggenteng sampai 45 bangunan yang juga mengalami kerusakan,” paparnya.

Banjir rob ini tidak hanya menyebabkan kerugian pada aset nelayan, tetapi juga berpotensi mengancam mata pencaharian mereka. Melalui kerja sama antara pemerintah dan pihak terkait, diharapkan dapat segera menemukan solusi yang tepat untuk membantu para nelayan yang terdampak banjir rob.

Baca juga: Bersama Kejaksaan Negeri Lebak Banten, PLN ICON Plus Jaga Keandalan Pelayanan