Berita

Menjelang Malam Tahun Baru, Ribuan Wisatawan Padati Pantai Palabuhanratu Sukabumi

207
×

Menjelang Malam Tahun Baru, Ribuan Wisatawan Padati Pantai Palabuhanratu Sukabumi

Sebarkan artikel ini
Pantai Palabuhanratu
Pantai Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat | Doc.pantainesia.com

Sukabumihitz – Ribuan wisatawan padati kawasan wisata pantai Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Minggu (31/12).

Satlantas Polres Sukabumi mencatatkan 11.720 kendaraan masuk ke kawasan wisata Pantai Palabuhanratu, menjelang malam tahun baru. Jumlah kendaraan tersebut terdiri dari 6.750 unit sepeda motor dan 4.970 unit mobil. Diperkirakan jumlah kendaraan yang masuk kawasan objek wisata pantai ini akan terus bertambah mendekati pergantian tahun.

Hingga pukul 15.00 WIB lalu lintas masih terlihat lancar, meskipun ada ribuan kendaraan yang bergerak menuju pantai di selatan Kabupaten Sukabumi. Seperti terpantau di Pos Pengamanan yang berada di jalur masuk menuju kawasan wisata pantai.

“Menjelang perayaan tahun baru 2024, arus kendaraan yang masuk ke kawasan objek wisata pantai terus mengalami peningkatan. Tercatat hingga pukul 15.00 WIB ada 11.720 yang kendaraan masuk,” ujar Ipda M Fajar Yanuar, Kepala Unit Penegakan Hukum (Gakkum) SatlantasPolres Sukabumi, mengutip dari rejabar.republika.co.id.

Baca juga: 10 Rekomendasi Wisata Pantai Terbaik di Sukabumi

Satlantas Polres Sukabumi telah menyiapkan upaya antisipasi untuk mengatasi kemungkinan kepadatan lalu lintas menuju kawasan wisata pantai.

“Antisipasi yang kami lakukan dengan cara rekayasa arus lalu lintas, seperti membuat satu arah (one way) atau penyekatan. Tetapi, cara bertindak seperti ini sifatnya situasional,” ujar Yanuar.

Saat arus balik dari wisata Pantai Citepus, kepolisian akan memberlakukan rekayasa lalu lintas. Kendaraan yang keluar dari pantai Citepus di persimpangan Gunung Butak diarahkan ke Buniwangi-Cimanggu, lalu ke Cikidang.

Adapun jalur yang mengarah ke Cisarakan akan disekat, diputarbalikkan ke Cimanggu atau diarahkan lurus ke Warungkiara.

Baca juga: Lonjakan Kunjungan Wisatawan di Pantai Citepus Sukabumi Saat Libur Natal dan Tahun Baru