Berita

Kemenag Kota Sukabumi Berangkatkan 336 Jemaah Calon Haji ke Tanah Suci

37
×

Kemenag Kota Sukabumi Berangkatkan 336 Jemaah Calon Haji ke Tanah Suci

Sebarkan artikel ini
Jemaah calon haji Kota Sukabumi saat mengikuti acara pelepasan di Gedung Anton Sujarwo, Setukpa Lemdiklat Polri, Senin (27/05/2024)| Doc: IG dokpimkotasukabumi

Sukabumihitz – Sebanyak 336 jemaah calon haji dari Kota Sukabumi resmi diberangkatkan menuju Embarkasi dan Tanah Suci pada Senin (27/5). Acara ini berlangsung di Gedung Anton Sujarwo, Setukpa Lemdiklat Polri.

Sejumlah pejabat penting dari Forkompimda Kota Sukabumi, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi Dida Sembada, dan keluarga para calon haji turut hadir dalam acara pelepasan ini.

Acara pelepasan ditandai dengan penyematan syal kepada dua orang calon haji oleh Penjabat Wali Kota Sukabumi dan Kepala Kemenag Kota Sukabumi. Di antara para jemaah, usia termuda adalah 22 tahun dan yang tertua 85 tahun.

Penyematan syal kepada perwakilan calon jemaah haji oleh Penjabat Wali Kota Sukabumi. | Doc: IG dokpimkotasukabumi

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Sukabumi, Samsul Puad, menyampaikan bahwa tahun ini Kota Sukabumi memberangkatkan 336 jemaah calon haji. Selain itu, ada satu jemaah dari KBRI yang turut serta, sehingga total keberangkatan mencapai 374 orang, termasuk petugas pendamping.

Baca juga: 5 Hal Super Simple Yang Bisa Membuat Hidupmu Berubah Drastis

“Keberangkatan jemaah calon haji Kota Sukabumi ke Tanah Suci ini akan berlangsung pada hari Selasa, 28 Mei 2024,” kata Samsul, mengutip dari KDP Kota Sukabumi.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, turut menyampaikan rasa syukur atas kesempatan yang di berikan kepada para jemaah calon haji untuk menunaikan ibadah haji, yang merupakan rukun Islam kelima.

“Semoga perjalanan dan ibadah haji berjalan lancar dan dapat kembali ke Kota Sukabumi dengan predikat haji mabrur,” ujar kusmana.

Ia juga menekankan pentingnya meluruskan niat dalam menjalani rangkaian ibadah haji. Selain itu saling membantu antarjemaah, dan menjaga kesehatan mengingat perbedaan cuaca antara Arab Saudi dan Indonesia.

“Jaga diri masing-masing, di sana harus saling menghargai satu sama lain. Calon haji harus mematuhi para petugas,” tegasnya.

Semua calon haji dan keluarga berharap perjalanan serta ibadah haji tahun ini berjalan lancar. Selain itu, para jemaah dapat kembali ke tanah air dengan selamat serta memperoleh predikat haji yang mabrur.

Baca juga: Universitas BSI Sukabumi Siap Menggelar Workshop EduTech, Pemanfaatan Kecerdasan Buatan dalam Pendidikan