BeritaInternasionalOtomotif

Jorge Martin Menangi MotoGP Mandalika 2024, Jokowi Apresiasi Perhelatan Pertamina Grand Prix Indonesia

33
×

Jorge Martin Menangi MotoGP Mandalika 2024, Jokowi Apresiasi Perhelatan Pertamina Grand Prix Indonesia

Sebarkan artikel ini
Winner
Jorge Martin berhasil menjadi juara pertama dalam MotoGP Mandalika 2024, diikuti oleh Pedro Acosta di posisi kedua, dan Francesco Bagnaia yang menempati podium ketiga. | Sumber: Instagram @motogp

Sukabumihitz – Jorge Martin tampil dominan dan keluar sebagai juara dalam ajang MotoGP Mandalika 2024 yang digelar di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat, pada Minggu (29/9). Pembalap asal Spanyol ini memulai balapan dari pole position dan sukses mempertahankan posisinya hingga akhir balapan. Martin menghindari kesalahan yang terjadi di Sprint Race sebelumnya dan langsung mengendalikan jalannya balapan sejak bendera start dikibarkan.

Namun, drama tak terhindarkan di lap awal. Sebuah insiden melibatkan empat pembalap, yaitu Aleix Espargaro, Alex Marquez, Jack Miller, dan Luca Marini, yang terpaksa keluar dari lintasan setelah mengalami crash di sektor pertama. Akibat insiden ini, bendera kuning sempat berkibar, namun balapan dilanjutkan kembali pada lap ketiga.

Martin melaju tak terkejar hingga akhir balapan, sementara persaingan sengit terjadi di belakangnya. Enea Bastianini sempat bertarung dengan Pedro Acosta, Franco Morbidelli, dan Marco Bezzecchi untuk memperebutkan posisi kedua. Namun, sayangnya Bastianini terjatuh saat mencoba memperpendek jarak dengan dua pembalap di depannya.

Acosta yang terus mengejar Martin akhirnya finis di posisi kedua, dengan Francesco Bagnaia yang berhasil menyalip Morbidelli dan Bezzecchi menempati podium ketiga. Kemenangan ini menegaskan kehebatan Martin dalam memimpin balapan, meskipun persaingan ketat antara para pembalap lainnya memberikan tontonan seru bagi para penggemar MotoGP di Mandalika.

Baca Juga: Sosok New Nissan Livina Terungkap, Apa Kata NMI?

Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024
Jokowi Apresiasi Kesuksesan Ajang Internasional | Sumber: Biro Pers Sekretariat Presiden

Selain aksi seru di lintasan, Presiden Joko Widodo turut hadir memeriahkan ajang Pertamina Grand Prix Indonesia 2024. Jokowi membuka perhelatan akbar ini dan menyampaikan apresiasinya atas kesuksesan penyelenggaraan MotoGP di Indonesia dalam tiga tahun terakhir. Menurut Presiden, event kali ini menunjukkan peningkatan signifikan, baik dari segi manajemen maupun fasilitas di Sirkuit Mandalika. Ia juga memuji keterlibatan tenaga kerja lokal yang mendukung penyelenggaraan ajang ini.

“Saya melihat perkembangan dalam tiga tahun ini sangat baik, terutama dari segi manajemen, fasilitas, dan kru yang terlibat. Saya senang, sebanyak 3.000 kru di sini semuanya berasal dari NTB,” ujar Jokowi dalam pernyataan resminya, Senin (30/9).

Meskipun pembalap dari tim Pertamina Enduro VR46 Racing Team tidak berhasil naik podium, mereka tetap menunjukkan performa membanggakan. Marco Bezzecchi finis di posisi kelima, dan VP Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, menilai hasil ini sebagai pencapaian positif. “Walau di home race hari ini Pertamina Enduro VR46 Racing Team belum naik podium, tapi hasilnya tetap sangat baik. Semoga performa di pertandingan berikutnya lebih baik lagi,” ungkap Fadjar.

Presiden Joko Widodo menyerahkan trofi kepada para pemenang, menandai penutupan ajang Pertamina Grand Prix Indonesia 2024. Kesuksesan penyelenggaraan ini berkat kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, badan usaha, dan masyarakat, yang mendukung penuh pelaksanaan balap MotoGP internasional di Indonesia.

Sirkuit Mandalika semakin dikenal di kancah balap dunia, dan Indonesia kembali membuktikan kapasitasnya sebagai tuan rumah ajang balap internasional bergengsi. MotoGP Mandalika tahun ini tidak hanya menyajikan aksi balapan menegangkan, tetapi juga menjadi bukti nyata bahwa sektor otomotif di Indonesia semakin berkembang dengan dukungan penuh dari berbagai pihak.

Baca Juga: Tupperware Bangkrut Setelah 78 Tahun, Kalah Saing dan Terbebani Utang