BeritaRamadhan

Hilal Terlihat di Sukabumi, Perkiraan 1 Syawal 1445 H Jatuh Pada Hari Rabu 10 April 2024

83
×

Hilal Terlihat di Sukabumi, Perkiraan 1 Syawal 1445 H Jatuh Pada Hari Rabu 10 April 2024

Sebarkan artikel ini
Hilal
Pemantauan Hilal di Pos Observasi Bulan di Kampung Cibeas, Desa Sanrawayang, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi | Sumber: sukabumi.halojabar.com

Sukabumihitz – Tim Dewan Hisab dan Rukyat (DHR) Kabupaten Sukabumi telah mengumumkan hasil pengamatan bulan baru di Pos Observasi Bulan (POB) Cibeas, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, pada Selasa (9/4).

Mengutip dari liputan6.com Ketua DHR Kabupaten Sukabumi, Dede Sudanta, menyampaikan hasil pengamatan awal Rukyatul hilal Bulan Syawal 1445 Hijriah dengan menggunakan titik Markaz -7 derajat 4 menit 26 detik LS, 106 derajat 31 menit 52 detik BT. Pengamatan dimulai pukul 17.56 WIB setelah matahari terbenam selama 27 menit 0,55 detik.

Adapun tim yang terlibat dalam pengamatan tersebut diantaranya Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi, tim ahli DHR dari beberapa pondok pesantren, PCNU kota Kabupaten Sukabumi, dan Cianjur.

Baca juga: Strategi Polres Sukabumi Kota Menghadapi Kemacetan Arus Mudik Lebaran

Tim Ahli DHR Kabupaten Sukabumi, KH Aang Muhammad Yahya melihat hilal pada pukul 17.59-18.02 WIB atau selama 3 menit pada ketinggian – + 5 derajat.

Kemudian, kesaksian dan sumpah dari para saksi diambil di hadapan Ketua Hakim Pengadilan Agama Cibadak Kabupaten Sukabumi, Dra. Ma’ripah. Dan hasil sidang isbat ini akan dilaporkan kepada Kementerian Agama RI untuk disahkan secara nasional.

“Insya Allah 1 Syawal 1445H bertepatan dengan hari Rabu 10 April 2024,” Ujar Dede.

Sementara itu, tim ahli yang melakukan pengamatan hilal, Aang Muhammad Yahya, menyatakan bahwa tidak ada kendala selama proses pengamatan, baik dari segi alat maupun cuaca.

Menurutnya, kondisi cuaca memungkinkan hilal terlihat dengan jelas, dan pengamatan dilakukan sekitar pukul 17.59-18.02 WIB.

Baca juga: Pesona Wisata Alam Sukabumi yang Menarik Perhatian Will Smith