Berita

Strategi Polres Sukabumi Kota Menghadapi Kemacetan Arus Mudik Lebaran

67
×

Strategi Polres Sukabumi Kota Menghadapi Kemacetan Arus Mudik Lebaran

Sebarkan artikel ini
Arus mudik
Ilustrasi kemacetan arus mudik lebaran | Doc: freepik.com

Sukabumihitz – Polres Sukabumi Kota telah menyiapkan sejumlah strategi guna menghadapi kemacetan yang mungkin terjadi selama arus mudik dan arus balik lebaran di wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Kapolres Sukabumi Kota AKBP Ari Setyawan Wibowo mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk mencegah kemacetan saat arus mudik Lebaran di Kota Sukabumi.

“Strategi antisipasi terjadinya kemacetan sudah kami bahas dan dikoordinasikan dengan instansi terkait. Agar pada puncak arus mudik lebaran tidak terjadi penumpukan kendaraan menuju Kota Sukabumi dan pusat kota,” ujar Ari pada Minggu (31/3). Mengutip dari antaranews.com.

Menurut Ari, salah satu langkah antisipasi kemacetan selama musim mudik Lebaran adalah dengan menempatkan personel Polres Sukabumi Kota di titik-titik rawan kemacetan dan jalur penghubung, serta melakukan rekayasa arus lalu lintas. Patroli juga dilakukan untuk mengantisipasi kendaraan pemudik yang mogok dan dapat menghambat arus lalu lintas. Berbagai strategi telah dipersiapkan untuk mengatasi kemacetan tersebut.

Puncak arus mudik di Kota Sukabumi diprediksi pada H-3 lebaran. Namun, yang paling diwaspadai adalah saat perayaan malam takbiran. Pada malam tersebut, biasanya warga melakukan takbir keliling, sehingga terjadi penggabungan antara kendaraan pemudik dan warga yang merayakan.

Meskipun Kota Sukabumi bukan jalur utama untuk arus mudik lebaran, namun sering kali menjadi alternatif. Jika terjadi kepadatan dan kemacetan kendaraan yang menuju ke Puncak Bogor, arus kendaraan biasanya dialihkan ke Kota Sukabumi.

“Kota Sukabumi merupakan daerah tujuan mudik. Namun, tidak menutup kemungkinan pemudik yang datang dan melintas jumlahnya akan meningkat dibandingkan tahun lalu,” ungkapnya.

Baca juga: Peringatan Nuzulul Qur’an di Kota Sukabumi: Dorong Semangat Baca dan Amalkan Al-Qur’an