Pendidikan

Semarak Hari Batik Nasional di SD Prestasi Global Depok

268
×

Semarak Hari Batik Nasional di SD Prestasi Global Depok

Sebarkan artikel ini
Para siswa SD Prestasi Global Depok merayakan peringatan Hari Batik Nasional yang ke-14 dengan  mengusung tema "Batik Ecoprint", Rabu (4/10/2023). (Foto: Dok PresGo)

Sukabumihitz.com, Depok–  SD Prestasi Global Depok merayakan peringatan Hari Batik Nasional yang ke-14 dengan  mengusung tema “Batik Ecoprint”, pada Rabu, 4 Oktober 2023.

“Kegiatan Hari Batik Nasional kali ini bertujuan untuk melestarikan batik sebagai bagian dari kebudayaan Indonesia dan menanamkan kecintaan serta pendiidikan,  pengetahuan  seni budaya kepada siswa,” kata Kepala SD Prestasi Global, Mustopa dalam rilis yang diterima Sukabumihitz.com.

Mengawali kegiatan,  Mustopa memberikan sambutan kepada para siswa di halaman area Ibnu Rusdy. Dalam sambutannya, ia  mengajak kepada seluruh warga sekolah untuk menjaga, melestarikan dan mencintai produk Indonesia, khususnya batik.

Kegiatan berlanjut dengan  kreativitas para siswa membatik bebas  dengan bahan alam yang dibawa dari rumah seperti daun jati, daun jarak, daun singkong, bunga teleng, bunga mawar dan lainnya. Semua bahan alam itu ditata dan ditumbuk pada totebag menggunakan palu kayu  agar warna pada daun atau bunga menyerap pada totebag. Hasil batik lalu diangin-anginkan sebentar kemudian direndam di air tawas dan terakhir proses penjemuran.

Baca Juga : Siswa SD Prestasi Global Boyong 2 Juara Sekaligus pada Junior Golf Competition 2023

Antusiasme  para siswa saat membatik tampak terlihat dari wajah mereka ditambah kebahagiaan  setelah  melihat hasil batik di   totebag masing-masing siswa. “Horee… hasil batik aku bagus,”  ujar Riyadh siswa kelas 2 M.H. Thamrin.

Ahmad Faisal selaku direktur Sekolah Prestasi Global turut bangga dan bahagia melihat semangat para siswa dalam setiap kegiatan sekolah. “Batik merupakan simbol keberagaman dan persatuan Indonesia. “Untuk itu mari kita  jaga warisan budaya Indonesia yang tak ternilai harganya,” ujar Faisal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *