BeritaPendidikanTak BerkategoriTeknologi

Mahasiswa KKN Tematik Berhasil Mengadakan Seminar Literasi Masyarakat Miskin & Pusat Kesejahteraan Sosial

15
×

Mahasiswa KKN Tematik Berhasil Mengadakan Seminar Literasi Masyarakat Miskin & Pusat Kesejahteraan Sosial

Sebarkan artikel ini

SukabumiHitz.com – Mahasiswa KKN Tematik PTMGMD di Desa Cikeruh Mengadakan Seminar Upaya Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat mengenai Literasi Kemiskinan & Pusat Kesejahteraan Sosial. Pada kegiatan KKN Temaitik PTMDGRMD yang berlokasi di Aula Desa Cikeruh, pada hari Minggu 26 Mei 2024.

Pada Kegiatan seminar ini turut hadiri oleh Bapak serta Ibu selaku Kepala RW dan RT dari Desa Cikeruh yang merupakan sasaran pemahaman sebagai wakil daripada warga daerah ini.

dengan mengusung 2 KPI pada KKN Tematik ini, yaitu 1. Literasi Masyarakat Miskin & 2. Optimalisasi Pusat Kesejahteraan Sosial.

Pemateri dari acara ini ialah Bapak Erwin Kurnia selaku Kasi Kesejahteraan Desa Cikeruh. Melalui pemaparan nya beliau menyampaikan bahwasanya Literasi adalah kegiatan sosial yang terlaksana dengan melibatkan beberapa aspek dan golongan Masyarakat juga Pemerintahan.

Untuk pengajuan bantuan Masyarakat miskin ada beberapa aspek yang menjadi syarat yang harur terpenuhi. bahwasanya bantuan ini perlu untuk dikaji lebih dalam agar penerima tepat sasaran.

Materi kedua mengenai, Optimalisasi Pusat Kesejahteraan Sosial merupakan perpanjangan tangan dari kementrian sosial guna membantu Masyarakat yang membutuhkan bantuan. Dan prosesnya dimulai dari pengajuan oleh Desa, lalu ke Kecamatan, dan akan di proses oleh Kabupaten.

Baca Juga: LLDIKTI IV dan Pemda Sumedang Menggelar Kegiatan Monev Mahasiswa KKN Tematik

Memasuki sesi diskusi bersama dengan hasil :

  1. Bagaimana cara agar Masyarakat di Desa Cikeruh tidak ada yang menganggur? Padahal ada banyak potensi yang bisa lebih jauh lagi dalam.. Terdapat banyak peluang usaha, karena daerah Kecamatan Jatinangor sendiri merupakan wilayah emasnya para pendatang baru. Banyak pendatang baru yang sukses, sedangkan Masyarakat lokal itu sendiri semakin tersingkirkan.
  • dari hasil diskusi bersama, untuk poin pertama itu perlunya workshop/pelatihan guna meningkatkan pemberdayaan di Desa Cikeruh.

“Saya setuju dengan hasil diskusi ini, dan perlu untuk diterapkan pada Masyarakat dengan optimal. Serta saya harap adik adik KKN Tematik, tetap melanjutkan KPI ini apabila acara KKN telah usai.. dengan tidak langsung angkat tangan begitu saja.” Ucap Ibu IIS selaku Kepala RW 01

“Tentu saja semua hasil diskusi hari ini perlu tindak lanjuti, dan saya memohon bantuan semua pihak terutama dari pada Bapak/Ibu RW & RT sekalian dan juga dari adik adik KKN Tematik.” Balas Erwin Kurnia

Salah satu peserta KKN Tematik dari Universitas BSI yaitu Asy Syaima Attofah Mujahidah menuturkan,

Kegiatan Seminar Upaya Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat mengenai Literasi Kemiskinan & Pusat Kesejahteraan Sosial ini merupakan bagian wajib dari kegiatan KKN Tematik.

“Kegiatan Seminar Upaya Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat mengenai Literasi Kemiskinan & Pusat Kesejahteraan Sosial merupakan kegiatan yang wajib diadakan oleh kami, kami juga berharap dengan diadakannya kegiatan ini membuat Masyarakat sadar akan pentingnya Pemberdayaan Sumber Daya Manusia.” Ucap nya