BeritaPendidikan

Ratusan Peserta Hadiri Kursus Orientasi Kepramukaan di Palabuhanratu Bersama Bupati Sukabumi

124
×

Ratusan Peserta Hadiri Kursus Orientasi Kepramukaan di Palabuhanratu Bersama Bupati Sukabumi

Sebarkan artikel ini
Kepramukaan
Kursus orientasi singkat untuk majelis pembimbing gugus depan dan majelis pembimbing Desa/Kelurahan di Wilayah Kecamatan Palabuhanratu, Rabu (10/01/2024). | Doc: IG sukabumikab

Sukabumihitz – Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami secara resmi membuka kegiatan kursus orientasi singkat untuk majelis pembimbing gugus depan dan majelis pembimbing Desa/Kelurahan di Wilayah Kecamatan Palabuhanratu. Acara ini berlangsung di Gedung Sekretariat Bersama Lembaga Keagamaan Kecamatan Palabuhanratu, pada Rabu (10/1).

Ratusan peserta mengikuti kursus orientasi kepramukaan ini. Mulai dari lembaga pendidikan dari semua tingkatan, serta kepala desa dan lurah di wilayah tersebut.

Marwan, yang juga menjabat sebagai Ketua Mabicab Kabupaten Sukabumi, menyampaikan bahwa gerakan pramuka memiliki pengakuan yang jelas dalam Undang-undang Nomor 12 tahun 2010 tentang gerakan pramuka. Menurutnya, pramuka memiliki peran penting sebagai wadah pendidikan karakter seseorang.

Baca juga: Kementerian Bisnis Kreatif (Bikraf) STEI SEBI Luncurkan Unit Usaha Baru

“Pramuka ini dibentuk oleh pemerintah jadi mau tidak mau harus ditegakan dengan sebaik-baiknya. Para pembimbing gugus depan, Desa/Kelurahan merupakan sosok kunci yang memegang peranan penting dalam pengembangan kegiatan kepramukaan di setiap pangkalan sekolah bahkan masyarakat,” ujar Marwan, mengutip dari sukabumikab.go.id.

Ia menegaskan bahwa kwartir ranting dan gugus depan, sebagai pengurus gerakan pramuka, perlu terus memperkuat dan mempertajam sinergisitas mereka. Hal tersebut untuk membangun dan membina generasi muda.

Menurutnya, kursus ini akan memberikan wawasan lebih jauh tentang pembentukan karakter, sehingga dapat mempersiapkan generasi emas 2045 dengan baik.

“Kakak-kakak hari ini dituntut untuk menjadi seorang manajerial di lingkungan. Sehingga dengan kursus orientasi singkat ini akan menambah wawasan yang lebih jauh tentang pembentukan karakter untuk mempersiapkan generasi emas 2045 mendatang,” kata Marwan.

Bupati Sukabumi berharap bahwa keberhasilan kursus orientasi singkat ini dapat menjadi motivasi bagi wilayah lain. Sehingga pembentukan karakter generasi muda dapat terlaksana merata di Kabupaten Sukabumi.

Baca juga: Situ Gunung : Mbah Jalun si Pembuat Danau