BeritaPendidikan

Ubah Sampah Jadi produk Bernilai Ekonomis Ala Mahasiswa Universitas BSI

144
×

Ubah Sampah Jadi produk Bernilai Ekonomis Ala Mahasiswa Universitas BSI

Sebarkan artikel ini

sukabumihitz.com – Tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) Universitas Bina Sarana Informatika kampus Sukabumi.

sukses menggelar kegiatan pelatihan ecobrick, di kampung Lebaksiuh, desa Sukamaju, kecamatan Kadudampit, kabupaten Sukabumi, pada Jum’at (6/10).

Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi cara pengelolaan limbah plastik kepada warga kampung Lebaksiuh.

Ecobrick adalah suatu konsep atau teknik yang  mengelola limbah plastik dengan cara mengemas plastik bersih dan kering ke dalam botol plastik.

Ecobrick bermanfaat untuk membuat berbagai macam produk seperti mebel meja dan kursi.

Selain itu, ecobrick juga merupakan cara untuk mendaur ulang dan memanfaatkan limbah plastik dengan lebih efisienmengurangi dampak negatif sampah plastik terhadap lingkungan.

Kegiatan pelatihan mulai dengan memberikan arahan kepada warga mengenai tatacara pembuatan kerajinan dari ecobrick ini. Selanjutnya, peserta pelatihan melakukan proses pemotongan sampah plastik yang telah bersih menjadi potongan-potongan kecil. Potongan plastik tersebut kemudian dimasukkan ke dalam botol plastik berukuran 1,5 liter dan dipadatkan dengan bantuan tongkat.

Nani Maryani, yang berperan sebagai mitra PKM-PM di Kampung Lebaksiuh, Desa Sukamaju, meyakini bahwa program ini akan memberikan dampak positif bagi Masyarakat kampung Lebaksiuh.

Karena dapat mengurangi jumlah sampah plastik dan juga mendorong kreativitas masyarakat dalam menciptakan kerajinan ecobrick.

“Saya sangat berharap melalui pelatihan ecobrick ini, masyarakat akan lebih sadar akan dampak negatif pada lingkungan yang semakin memburuk akibat masalah sampah plastik,” ujar Nani.

Sementara itu, salah satu peserta pelatihan ecobrick bernama kamsiah, merasa sangat bahagia dan penuh semangat.

Menurut Kamsiah, program PKM-PM ini bukan hanya sekadar pelatihan, melainkan juga membuka peluang usaha yang dapat meningkatkan kreativitas warga .

“Program dari Mahasiswa BSI ini sangat bermanfaat sekali untuk warga , dalam menciptakan kerajinan Ecobrick dari sampah plastik.

bisa menjadi peluang usaha juga dapat meningkatkan kreativitas warga Kampung Lebaksiuh,” ujar Kamsiah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *