Berita

Tol Bocimi Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat Diresmikan Usai Lebaran 2024

277
×

Tol Bocimi Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat Diresmikan Usai Lebaran 2024

Sebarkan artikel ini
Pembangunan Tol Bocimi Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat | Doc: ig.pupr_bpjt

Sukabumihitz – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) seksi 3, yang menghubungkan Cibadak dengan Sukabumi Barat, diperkirakan akan diresmikan usai Lebaran tahun 2024.

Basuki menjelaskan Tol Bocimi menjadi salah satu jalur yang mendukung kesiapan arus mudik Lebaran 2024 di Jawa. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, seksi 3 yakni sampai ke Sukabumi Barat siap turut serta difungsionalisasikan.

“Iya (tahun ini), habis Lebaran mungkin,” ujar Basuki saat ditemui di Kompleks Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (13/3).

Diketahui sebelumnya, jalan Tol Bocimi terdiri dari empat seksi dengan total panjang 53,6 kilometer yang menghubungkan Kota Bogor dan Kabupaten Bogor dengan Kota Sukabumi dan Kabupaten Sukabumi. Seksi 1 Ciawi-Cigombong telah beroperasi sejak bulan Desember 2018. Sementara itu, seksi 2 Cigombong-Cibadak, diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada bulan Agustus 2023.

Sementara itu, mengutip dari sukabumiupdate.com bahwa Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat dan Seksi 4 Sukabumi Barat-Sukabumi Timur dalam proses pembebasan lahan.

Baca juga: Ribuan Kendaraan Memadati Gerbang Exit Tol Parungkuda, One Way Sempat Diberlakukan

Pembangunan Tol Bocimi Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat direncanakan akan melewati 6 kecamatan dan 15 desa, dengan 12 jembatan di atas sungai.

Keenam kecamatan tersebut yaitu Ciambar, Nagrak, Cibadak, Caringin, Cicantanyan, dan Cisaat. Sekitar 15 desa di enam kecamatan tersebut akan terdampak oleh pembangunan Tol Bocimi Seksi 3. Desa yang dipastikan terdampak pertama yaitu Cisarua dan Belakambang di Kecamatan Nagrak, Munjul di Kecamatan Ciambar, Karangtengah dan Cihelangtonggoh di Kecamatan Cibadak.

Sementara di Kecamatan Caringin, desa yang terdampak yaiut Cijengkol, Mekarjaya, dan Talaga. Di wilayah Kecamatan Cicantayan, desa yang terkena dampak yaitu Lembursawah, Cijalingan, Cisande, dan Cimahi. Sedangkan di Kecamatan Cisaat, wilayah yang terdampak yaitu Kutasirna, Cibolang Kaler, dan Selajambe.

Pada November 2022, proses pembebasan lahan untuk Tol Bocimi Seksi 3 telah selesai dengan biaya sekitar Rp 731 miliar. Hal ini disampaikan oleh Kepala Seksi Penataan Hak Pertanahan dan Pendaftaran Tanah BPN Kabupaten Sukabumi, Jumalianto.

Menurut Jumalianto, nantinya pintu keluar Tol Bocimi Seksi 3 akan berlokasi di ujung Jalan Lingkar Selatan Cibolang, dekat dengan Masjid Raya Raudhatul Irfan.

Baca juga: Tol Bocimi Dipadati kendaraan, Kemacetan Terjadi Hingga Cibadak