Berita

Menteri Pertahanan Resmikan Program Sumur Bor dan Pipanisasi di Daerah Jampang Kulon Sukabumi

93
×

Menteri Pertahanan Resmikan Program Sumur Bor dan Pipanisasi di Daerah Jampang Kulon Sukabumi

Sebarkan artikel ini
Peresmian sumur bor dan pipanisasi di daerah Pajampangan, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (30/12/2023). | Doc: IG sukabumikab

Sukabumihitz – Bupati Sukabumi, H Marwan Hamami turut serta dalam kunjungan kerja Menteri Pertahanan RI, Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto, dalam peresmian proyek sumur bor dan pipanisasi di Desa Karanganyar, Kecamatan Jampang kulon, Kabupaten Sukabumi, pada Sabtu (30/12).

Menteri Pertahanan meresmikan sumur bor dan pipanisasi di daerah Pajampangan, Kabupaten Sukabumi, mencakup 5 titik. Program ini, sebagai hasil kolaborasi antara Kementerian Pertahanan dan Tim Universitas Pertahanan Republik Indonesia (UNHAN RI) untuk mengurangi potensi krisis air di daerah rentan kekeringan.

Dalam sambutannya, Menhan Prabowo menekankan pentingnya air sebagai kebutuhan dasar untuk manusia dan pertanian. Hal ini menjadi perhatian khusus mengingat ratusan hektar sawah di wilayah Pajampangan menghadapi ancaman gagal panen saat musim kemarau yang panjang.

“Terimakasih Pemkab Sukabumi dan masyarakat yang telah mendukung terwujudnya program ini. Yang paling penting kerjasama untuk kepentingan rakyat kita bisa terwujud dengan baik. Sehingga kesulitan masyarakat bisa teratasi,” ujar Prabowo, dikutip dari sukabumikab.go.id.

Baca juga: Re-Grand Opening, SantaSea Water Theme Park Sukabumi Suguhkan Wahana dan Susana Baru – SukabumiHitz

Menhan juga mengumumkan rencananya untuk meningkatkan produksi pangan dengan menggunakan media persemaian di setiap wilayah. Ia juga memberikan arahan kepada Satgas UNHAN agar terus mengkaji cara meningkatkan manfaat bantuan air ini tidak hanya untuk kebutuhan rumah tangga, tetapi juga untuk mendukung lahan pertanian.

Selain itu, Menhan memberikan pesan agar masyarakat mengelola air dengan bijak sesuai kebutuhan. Sambil mendorong setiap kedusunan untuk berinovasi dalam membuat embung guna menampung air saat musim hujan.

“Jawa Barat adalah salah satu provinsi yang subur air. Saya titip semua unsur untuk berpikir bagaimana merawat dan menjaganya serta mecari debit air baru,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Sukabumi H Marwan Hamami mengungkapkan rasa syukurnya atas bantuan program ini, yang merupakan hadiah istimewa bagi masyarakat di wilayah selatan Kabupaten Sukabumi, yang sering mengalami kekeringan. Ia berharap program ini dapat memenuhi kebutuhan air masyarakat dan mendukung kelangsungan sektor pertanian.

“Ini adalah kado istimewa dari bapak Menhan untuk masyarakat. Program ini dapat menjawab mimpi masyarakat di sukabumi selatan,” ungkap Marwan.

Peresmian bantuan sumur bor dan pipanisasi ini, ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Menhan Prabowo Subianto. Kemudian dilanjutkan dengan peninjauan hasil realisasi program. Hal ini sebagai wujud konkret dari upaya bersama dalam menjaga ketersediaan air dan mendukung sektor pertanian.

Baca juga: Pemesanan Tiket Melonjak: 11.999 Tiket KA Pangrango Terjual Selama Libur Nataru – SukabumiHitz