Berita

Kisah Cecep, Pemuda Asal Sukabumi Yang Viral Karena Aksinya Membersihkan Toilet Masjid Secara Sukarela

41
×

Kisah Cecep, Pemuda Asal Sukabumi Yang Viral Karena Aksinya Membersihkan Toilet Masjid Secara Sukarela

Sebarkan artikel ini
Pemuda bersih masjid
Muhammad Cecep Abdullah saat membersihkan toilet atau tempat wudhu masjid yang kotor | Sumber: solo.tribunnews.com

Sukabumihitz – Muhammad Cecep Abdullah, pemuda asal Kecamatan Citamiang, Kota Sukabum, Jawa Barat mendadak viral di media social karena aksinya membersihkan toilet masjid yang sangat kotor.

Awalnya, Cecep tidak menyangka video membersihkan masjidnya akan jadi viral di media sosial. Meski sudah mulai membersihkan sejak 2012, baru tahun ini aksinya itu menjadi konten media sosial.

Sejak usia 14 tahun, Cecep telah aktif membersihkan masjid. Awalnya, dia merantau ke Jakarta untuk bekerja, namun karena berbagai kendala, dia berpindah dari satu masjid ke masjid lain sambil membersihkan toilet. Dengan alat seadanya, Cecep membersihkan toilet atau tempat wudhu yang sangat kotor. Meskipun demikian, pengalamannya di pondok pesantren membentuknya sebagai seorang muslim yang sangat peduli terhadap kebersihan masjid.

“Sebuah kewajiban dan keharusan seorang muslim itu menjaga kebersihan, jadi Cecep sebagai muslim terpanggil ketika ada masjid yang WC nya kotor,” ujar Cecep.

Tidak terhitung berapa banyak masjid yang telah Cecep kunjungi. Namun yang pasti, ia telah membersihkan toilet masjid di Jakarta dan Sukabumi. Ia juga berkeinginan untuk meluaskan kegiatan serupa ke kota-kota lain.

“Insyallah mudah-mudahan Cecep bisa ke seluruh Indonesia yang WC masjidnya belum terawat ataupun sedang proses renovasi. Jadi insyaallah ke depannya Cecep bisa bantu di sana,” ungkapnya.

Selain membersihkan masjid, Cecep juga berjualan tahu gejrot dan cilok. Ini dilakukannya sebagai sumber pendapatan untuk modal membersihkan toilet masjid dan memenuhi kebutuhan keluarganya dengan dua anak.

Sehari-hari, Cecep menjalankan usaha jualan cilok dan tahu gejrotnya. Mulai jam 07.00 WIB, dia mencari masjid yang perlu dibersihkan, biasanya selesai sekitar jam 11.00 WIB. Setelah istirahat singkat, dia mulai berjualan dari jam 15.00 WIB hingga 20.00 WIB. Meskipun demikian, dia tetap menyempatkan waktu untuk membersihkan masjid, bahkan saat berada di Jakarta, meskipun tidak selalu terekam.

Walaupun namanya sudah terkenal di media sosial, Cecep tetap akan terus melanjutkan kegiatan membersihkan toilet dan tempat wudhu di berbagai masjid. Dengan tindakan sederhana ini, dia berharap dapat menginspirasi pemuda lain untuk turut berkontribusi dalam memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya.

“Pesan buat anak muda, kita hadir di bumi ini untuk menjadi manusia yang terbaik dan juga untuk menjadi manusia yang bermanfaat. Sebaik-baiknya manusia yang bermanfaat untuk orang lain. Hebat saja belum cukup tapi jadilah orang hebat yang bermanfaat,” tutur Cecep.

Aksi terpuji yang Cecep lakukan ini berbuah manis. Dia mendapatkan kesempatan untuk umroh gratis berkat kebaikan yang ia lakukan.

“Jadi Alhamdulillah karena videonya sudah viral tergeraklah hati hamba Allah yang baik ngajak Cecep untuk berangkat umroh. Cecep nggak pernah nyangka bahwa video Cecep bisa viral dan bisa dilihat banyak orang baik. Jadi hadiah umroh ini pasti dari Allah SWT yang menggerakkan hati seorang hamba yang baik,” ungkapnya mengutip dari detik.com.

Dia mengatakan, rencana keberangkatan umrohnya itu akan terlaksana pada 25 Juli 2024 mendatang. Di sana, dia ingin fokus beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Baca juga: Sukabumi Culinary Night, Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Melalui Wisata Kuliner