Berita

Inspiratif! Alumnus Penulis Cilik KKPK Mizan Terbitkan Buku Ke-53 di Usia Belia

385
×

Inspiratif! Alumnus Penulis Cilik KKPK Mizan Terbitkan Buku Ke-53 di Usia Belia

Sebarkan artikel ini
Mutiara Sya’bani, alumnus penulis cilik berusia 14 tahun yang  baru saja menerbitkan buku ke-53-nya. (Foto: Istimewa)

Sukabumihitz.com, Jakarta– Mutiara Sya’bani, alumnus penulis cilik berusia 14 tahun ini baru saja menerbitkan buku ke-53-nya. Buku KKPK (Kecil-Kecil Punya Karya) terbarunya ini rilis pada tanggal 11 Agustus 2023 lalu. Buku KKPK Edisi Reuni yang berjudul Introvert VS Extrovert merupakan buku karya Mutiara yang ke-53.

Gadis yang telah menekuni dunia kepenulisan sejak kelas 1 SD ini telah menghasilkan total 53 buku. Buku KKPK menjadi buku yang banyak ia tulis. Sejak Agustus 2017 Muti sangat produktif menulis hingga menghasilkan 51 buku KKPK terbitan Mizan, 1 buku antologi komik Jagoan Komik Cilik besutan Al Kautsar Kids, dan 1 buku Antologi Cerpen Pemenang Lomba Menulis Cerpen Anak Gramedia yang diterbitkan BIP Gramedia.

Muti, biasa ia disapa, sudah gemar membaca sejak kecil. Kegemaran tersebut melecut semangatnya untuk menulis buku. “Buku pertama saya, Selendang Batik Karin yang terbit Agustus 2017. Buku tersebut  telah mengantarkan saya menjadi pemenang KKPK Awards sebagai Penulis Pendatang Baru Terbaik 2017,” kata Muti dalam rilis yang diterima Sukabumihitz.com, Senin (21/8/2023).

Karya Muti banyak disukai oleh pembacanya. “Andalan saya adalah tema persahabatan, keluarga, dan misteri,” ungkapnya.

Novel dan komiknya banyak yang meraih penjualan terlaris (best seller). Novel Youtuber Cilik adalah novel karya Muti yang best seller dan sempat dinominasikan untuk diadaptasi menjadi film. “Komik Squishy Si Pinky  berhasil cetak ulang 5 kali dalam rentang 8 bulan,”{ tuturnya.

Selain produktif menulis, Muti juga berprestasi dalam bidang menulis. Ia pernah lolos seleksi dan menjadi finalis Lomba Cerpen di ajang Apresiasi Sastra Siswa Sekolah Dasar Nasional tahun 2017. Ia juga terpilih menjadi peserta Konferensi Penulis Cilik Indonesia (KPCI) 2017. Muti pernah menjadi juara 2 Lomba Menulis Cerita Pendek Fiksi Anak yang diadakan oleh Greeneration Foundation dan Unilever Indonesia tahun 2021, juara 1 Lomba Menulis Cerpen Anak Bersama Gramedia tahun 2021, dan juara 2 Cipta Cerpen pada Festival Literasi Sekolah (FLS) Jenjang SMP tingkat Kota Depok, Juni 2022 lalu.

Selain buku, jejak karya Muti lainnya berupa cerita pendek (cerpen) bisa dilihat di Majalah Pendidikan Kota Depok, SOBAT Edisi 2 Tahun 2019 dan di Majalah Forum Anak Indonesia (MALFORA) Edisi 13 Tahun 2020.

Kiprahnya dalam dunia kepenulisan membuatnya banyak diminta untuk mengisi acara sharing kepenulisan di sekolah-sekolah.”Saya pernah diundang sebagai narasumber acara literasi di SDI Al Azhar 5 Kemandoran, SDI Al Fauzien Depok, SIT Nurul Fikri Depok, SD Lazuardi Cordova Global Islamic School Meruya, SD Bakti Mulya 400 Pondok Indah, SD Semut-Semut Natural School Depok, SDIT Darul Abidin Depok,  dan SDN Ciracas 05 Pagi,” paparnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *