BeritaPendidikan

LKMM-TD : Innovative Leadership Transforming Ideas Into Reality

46
×

LKMM-TD : Innovative Leadership Transforming Ideas Into Reality

Sebarkan artikel ini
LKMM-TD HIMASI UBSI SUKABUMI 2024

Sukabumihitz – Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HIMASI) Universitas BSI Sukabumi sukses menyelenggarakan kegiatan LKMM-TD (Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar). Acara ini terlaksanakan selama 2 hari pada 18 – 19 September 2024 berlokasi di Universitas BSI Sukabumi. Acara ini mengusung tema “Innovative Leadership Transforming Ideas Into Reality”. LKMM-TD merupakan salah satu bentuk upaya untuk mengembangkan keterampilan dasar dalam manajemen organisasi kemahasiswaan.

Selama kegiatan ini, para narasumber menyuguhkan materi-materi yang relevan dengan keorganisasian. Materi pertama, Perumusan Gagasan Awal oleh Dede Wintana, M.Kom, yang mengajak para peserta untuk menggali ide-ide kreatif. Setelah itu, menyusun gagasan inovatif sebagai dasar pengembangan proyek atau program.

Materi kedua, Penjabaran Rencana Kerja oleh Mughni Rahmat Al Aziz, beliau memberikan panduan praktis dalam menyusun rencana kerja yang terstruktur dan realistis.

Materi ketiga, mengenai Administrasi oleh Lia Indriani, yang menekankan pentingnya pengelolaan administrasi yang baik dalam organisasi. Ada beberapa hal penting dalam administrasi ini meliputi pembuatan laporan, pengelolaan keuangan dan dokumentasi.

Materi keempat, Pengembangan Program Kerja oleh Dr. Dicky Prayudi, S.E M.M, membahas cara merancang dan mengembangkan program kerja sesuai dengan kebutuhan dan tujuan organisasi.

Serta materi kelima, Critical Thinking oleh Rusli Nugraha, S.S, M.M, menjelaskan cara mengasah kemampuan berpikir kritis peserta melalui latihan dan studi kasus. Keterampilan berpikir kritis sangatlah penting dalam menghadapi tantangan dan pengambilan keputusan.

BACA JUGA – LKMM 2023: Membentuk Pemimpin Berkualitas dan Tangguh di Tengah Era Disrupsi

LKMM-TD HIMASI UNIVERSITAS BSI SUKABUMI
Foto bersama pada acara LKMM TD HIMASI Universitas BSI Sukabumi | Dok : Istimewa

Selama pelaksanaan LKMM-TD ini, antusiasme para peserta sangat tinggi. Mereka aktif berinteraksi dengan para narasumber dan sesama peserta dalam berbagai sesi diskusi dan workshop. Selain mendapatkan ilmu pengetahuan yang bermanfaat, peserta juga berkesempatan untuk menjalin networking dengan sesama mahasiswa.

Ketua Himasi UBSI Sukabumi, Figur Ruzikna, berharap kegiatan ini dapat menjadi langkah awal bagi para peserta dalam mengembangkan potensi kepemimpinan. “Mari kita tingkatkan peran himpunan dalam mendukung pengembangan potensi serta sebagai rumah bagi setiap aspirasi, tempat di mana setiap suara didengar dan dihargai. Kami berharap para peserta dapat menerapkan ilmu yang mereka dapatkan dalam kegiatan LKMM-TD ini dalam kehidupan sehari-hari maupun di lingkungan kampus.” ujarnya.

Kegiatan ini bertujuan membekali mahasiswa dengan keterampilan dasar keorganisasian, seperti kepemimpinan, berpikir kritis, analitis, serta kemampuan komunikasi dan kerjasama. Selain itu, LKMM-TD ini juga bertujuan untuk menginspirasi mahasiswa agar lebih proaktif dalam berkontribusi pada organisasi.

Dengan terlaksananya LKMM-TD ini, Himasi Universitas BSI Sukabumi berharap dapat menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi kepemimpinan mereka dan berkontribusi aktif dalam organisasi. Harapannya, para peserta LKMM-TD mampu menjadi pemimpin yang inovatif dan membawa perubahan positif bagi lingkungan sekitar.

BACA JUGA – LKMM 2024: BEM UBSI Sukabumi Siapkan Pemimpin Masa Depan