PendidikanTak Berkategori

Yayasan Alumni IPB Gelontorkan Rp 3 Miliar untuk Beasiswa Mahasiswa  IPB

144
×

Yayasan Alumni IPB Gelontorkan Rp 3 Miliar untuk Beasiswa Mahasiswa  IPB

Sebarkan artikel ini
Rektor IPB Prof Arif Satria (kiri) menyerahkan Beasiswa Leader Mandiri kepada saalah seorang mahasiswa IPB, dalam acara YAPI Caring and Giving di kampus IPB  Bogor, Ahad (13/8/2023). (Foto: Dok IPB University)

Sukabumihitz.com, Bogor– Yayasan Alumni Peduli IPB (YAPI) telah  menggelontorkan beasiswa sebesar Rp  3 miliar untuk membiayai Uang Kuliah Tunggal (UKT) 360 mahasiswa IPB pada awal tahun ajaran 2023-2024. Sumber pendanaan YAPI berasal dari program orangtua asuh  dan dukungan dari rektor IPB yang menyalurkan donasi Persatuan Golf Alumni IPB (PGA-IPB).

“Beasiswa ini merupakan komitmen Alumni IPB untuk memastikan mahasiswa IPB untuk tetap berprestasi secara akademik dan non akademik dalam menyelesaikan pendidikan di IPB University tanpa masalah keuangan,” ulas Andi Irman, ketua YAPI pada acara YAPI Caring and Giving di kampus IPB  di Bogor, Ahad, 13 Agustus 2023.

Lebih lanjut Andi Irman menyatakan bahwa menjadi mahasiswa IPB adalah kebanggaan. Oleh karena itu,  YAPI berkomitmen untuk menjadi mitra mahasiswa IPB dalam menyelesaikan persoalan keuangan mahasiswa IPB. Alumni IPB akan-bahu membahu untuk membantu adik-adik mahasiswa mewujudkan cita-citanya. “Bahkan bagi mahasiswa baru, sebelum masuk IPB pun, YAPI telah memberikan beasiswa bagi mahasiswa yang memiliki keterbatasan pembiayaan,” ungkap Andi Irman dalam rilis yang diterima Sukabumihitz.com.

Yayasan Alumni Peduli IPB (YAPI) telah  menggelontorkan beasiswa sebesar Rp  3 miliar untuk membiayai Uang Kuliah Tunggal (UKT) 360 mahasiswa IPB pada awal tahun ajaran 2023-2024. (Foto: Dok IPB)

Sementara itu Rektor IPB University Arif Satria  menyatakan bahwa donasi PGA berasal dari anggota dan sponsor yang membantu kegiatan sosial Persatuan Golf Alumni IPB. PGA IPB secara khusus memberikan bantuan beasiswa sebesar Rp 1,5 miliar.

Ia menambahkan, IPB University tetap berkomitmen untuk menerima mahasiswa dari berbagai kalangan, termasuk yang memiliki keterbatasan keuangan. “Mahasiswa IPB tak boleh ada yang droup out atau tak bisa masuk IPB karena kesulitan pendanaan,” ungkap Arif.

Untuk diketahui,  beasiswa yang diberikan terdiri dari beberapa kategori.  Yaitu,  Beasiswa Leader Mandiri, Beasiswa Prestatif dan beasiswa lain-lain. Beasiswa Leader Mandiri adalah besiswa yang diberikan kepda mahasiswa baru yang diterima di IPB namun memiliki kendala pembiayaan. Beasiswa Leader Prestatif yaitu beasiswa yang diberikan karena prestasi selama perkuliahan. “Sedangkan beasiswa lainnya adalah beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa yang akan menyelesaikan perkuliahan tapi masih ada kendala keuangan,” paparnya.

Lebih dari itu, YAPI IPB juga  memberikan beasiswa kepada mahasiswa IPB yang lolos melalui jalur prestasi dan jalur ketua OSIS.

 

Orang yang Tepat

 

Menurut Andi Irman, penerima beasiswa YAPI merupakan hasil seleksi yang dilakukan bersama YAPI dan Direktorat Kemahasiswaan IPB. “Dengan demikian bisa dipastikan bahwa penerima beasiswa  adalah orang yang tepat,” ujarnya.

Yayasan Alumni Peduli IPB adalah Lembaga yang didirikan oleh Himpunan Alumni IPB sebagai bentuk kepedulian alumninya untuk mewujudkan IPB University menjandi Perguruan Tinggi terbaik di dunia (Worldclass University). Sejak tahun 2017 sampai 2023, YAPI telah membiayai lebih dari 1.000 mahasiswa IPB.

Di masa datang, kata Andi Irman, program beasiswa akan semakin ditingkatkan jumlahnya dan keragamannya. “YAPI tak sekedar memberikan beasiswa tetapi juga memberikan pelatihan peningkatan softskill dan leadership kepada mahasiswa IPB,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *