Pendidikan

Ustadz Yusuf Mansur Raih Gelar Doktor Ekonomi dari Universitas Trisakti

71
×

Ustadz Yusuf Mansur Raih Gelar Doktor Ekonomi dari Universitas Trisakti

Sebarkan artikel ini
Ustadz Yusuf Mansur resmi menyandang gelar doktor ekonomi setelah menjalani sidang disertasi  Strata 3 (S3) di Universitas Trisakti, Jakarta, Selasa (6/2/2024). (Foto: Dok Daqu)

Sukabumihitz.com, Jakarta—Ustadz Yusuf Mansur resmi menyandang gelar doktor bidang ekonomi dari Universitas Trisakti. Ia meraih gelar doktor tersebut setelah menjalani sidang disertasi  Strata 3 (S3) di Universitas Trisakti, Jakarta, Selasa (6/2/2024).

Pimpinan Pondok Pesantren Darul Quran (Daqu) yang akrab disapa UYM itu berhasi mempertahankan disertasi berjudul “Analisis Kebijakan Pemerintah dan Faktor Penentu Keberhasilan Pondok Pesantren dalam Meningkatkan Perekonomian Umat”.

Ia dinyatakan lulus dengan predikat “Sangat Memuaskan”.  “Semoga saja bekal pendidikan saya ini bisa bermanfaat untuk kehidupan saya sendiri dan masyarakat,” kata Ustadz Yusuf Mansur dalam rilis yang diterima Sukabumihitz.com.

Objek Penelitian Pondok  Pesantren

Profesor Zilal Hamzah dan Eleonora Sofilda merupakan promotor dan co-promotor dalam sidang tersebut. Keduanya memberikan apresiasi kepada UYM atas disertasi yang telah dibuat dengan memokuskan pesantren sebagai objek penelitiannya.

“Saya bersyukur ada Ustadz Yusuf Mansur yang melakukan riset tentang pesantren, karena masih sedikit sekali penelitian tentang pesantren khususnya dalam bidang ekonomi,” kata Profesor Zilal Hamzah.

UYM diuji oleh empat profesor. Salah satu pengujinya adalah KH. Muhammad Cholil Nafis. Dengan teliti Kyai Cholil Nafis membaca dan mendalami isi disertasi yang dibuat UYM.

Turut hadir dalam acara ini sejumlah stake holder seperti Wakil Komisaris Utama Bank Syariah Indonesia (BSI) Adiwarman Karim, pakar ekonomi  syariah M. Syafii Antonio, Komisioner Badan Nasional Sertifikasi Profesi Republik Indonesia (BNSP RI) KH. Muh. Nur Hayid dan lainnya.

Ada pula sejumlah pengusaha yang datang. Mereka merupakan kerabat dekat UYM, yakni CEO Waroeng Group Jody Broto Suseno, pemilik Ayam Bakar Mas Mono A. Pramono serta pada donatur. Ucapan selamat berupa karangan bunga juga diberikan langsung oleh Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin dan beberapa pejabat pemerintah.