error code: 522 Persiapkan Tugas Akhir, Mahasiswa Ikuti Sosialisasi Plagiarisme dan Workshop Mendeley - SukabumiHitz
Pendidikan

Persiapkan Tugas Akhir, Mahasiswa Ikuti Sosialisasi Plagiarisme dan Workshop Mendeley

49
×

Persiapkan Tugas Akhir, Mahasiswa Ikuti Sosialisasi Plagiarisme dan Workshop Mendeley

Sebarkan artikel ini

Sukabumihitz — Workshop Mendeley dan cek plagiarisme merupakan workshop yang akan membahas tentang penggunaan Mendeley sebagai alat bantu manajemen referensi dan cek plagiarisme sebagai upaya pencegahan tindakan plagiarisme dalam penulisan karya ilmiah.

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Sukabumi, program studi ​​Sistem Informasi Akuntansi bersama Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) menyelenggarakan workshop Mendeley dan cek plagiarisme pada Kamis (30/3) yang dilaksanakan secara daring.

Rizal Amegia Saputra selaku dosen dan Ketua Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Kampus Kota Sukabumi Universitas BSI  menghadiri acara Sosialisasi Plagiarisme dan Workshop Mendeley Untuk Mempersiapkan Penyusunan Tugas Akhir. Hadir pula Dede Firmansyah Saefudin, Ketua Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Kampus Kabupaten Karawang, dan Siti Masripah, sebagai moderator dan dosen Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Kampus Kota Bogor.

Dalam sambutannya, Dede menyampaikan tujuan diadakannya workshop ini yaitu untuk membantu mahasiswa mempersiapkan tugas akhir agar dapat melakukan penelitian yang berkualitas. “Saya berharap hasil dari workshop ini dapat menghasilkan kajian yang lebih berkualitas ke depannya dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam mengelola referensi,” ujar Dede.

Pada saat yang sama, Rizal Amegia Saputra menyampaikan cara-cara pencegahan plagiarisme pada materinya agar teks kita tidak mudah ditemukan plagiarisme. Menurutnya, berbagai sumber literatur dirujuk, diparafrasakan, ditafsirkan dan penerapan plagiarisme digunakan dari awal buku. Maka tulisan kita tidak akan terdeteksi plagiat.

 

Selain itu, Rizal menekankan pentingnya penggunaan manajemen referensi sebagai proses digitalisasi koleksi referensi. “Manfaat dari penggunaan manajemen referensi ini yaitu meminimalkan kesalahan ketik, kesalahan format penulisan, membuat database perpustakaan yang direferensikan, membangun rantai data terstruktur, memfasilitasi perubahan gaya yang mungkin diperlukan, dan membuka perpustakaan di perangkat yang berbeda. Asalkan terhubung dengan akun yang sama,” jelas Rizal.

Selain itu, Arya selaku peserta mengatakan bahwa dengan mengikuti workshop ini, kita mendapatkan banyak informasi tentang manajemen referensi dan memberikan informasi tentang cara menggunakan aplikasi Mendeley.
“Workshop Mendeley dan cek plagiarisme akan memperluas pemahaman dan pengetahuan saya tentang pengelolaan sumber-sumber referensi menggunakan Mendeley untuk membantu dan memfasilitasi pengorganisasian referensi dalam penyusuna tugas akhir,” pungkasnya.