error code: 522 7 Tips Menjawab Pertanyaan Saat Interview - SukabumiHitz
BisnisGaya HidupPendidikan

7 Tips Menjawab Pertanyaan Saat Interview

72
×

7 Tips Menjawab Pertanyaan Saat Interview

Sebarkan artikel ini
Sumber: https://www.freepik.com/free-photo/business-job-interview-concept_1211574.htm#query=wawancara&position=4&from_view=search&track=sph

Sukabumihitz – Setiap pelamar tentu berharap dapat memberikan jawaban yang baik untuk setiap pertanyaan yang diajukan dalam interview. Namun, dalam kenyataannya, sering kali pertanyaan yang diajukan berbeda dari yang diharapkan dan ini bisa menjadi tantangan bagi para pelamar kerja. Para pelamar sering merasa terjebak dan mengalami kesulitan dalam memberikan jawaban yang tepat saat menghadapi situasi seperti ini.

Interview adalah tahap penting dalam proses seleksi pekerjaan, di mana pelamar bertemu langsung dengan pihak perusahaan untuk lebih mendalami dan mengevaluasi kualifikasi serta keterampilan yang dimiliki oleh para pelamar.

Sumber: freepik.com

Selama interview, pewawancara akan mengajukan berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan pengalaman kerja, keterampilan, kepribadian, dan motivasi pelamar. Selain itu, interview juga memberikan kesempatan kepada pelamar untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang perusahaan, tanggung jawab pekerjaan, serta lingkungan kerja yang akan mereka hadapi.

Berikut beberapa tips untuk menjawab pertanyaan saat interview kerja dengan percaya diri dan meyakinkan versi BSI Career Center (BCC) Sukabumi:

1. Dengarkan dengan seksama

Dengarkan pertanyaan dengan seksama dan pastikan anda memahaminya dengan baik sebelum menjawab.

2. Bersiaplah dengan baik

Lakukan riset tentang perusahaan dan posisi yang anda lamar sebelum wawancara. Persiapkan diri dengan mempelajari visi, misi, nilai-nilai, dan tujuan perusahaan. Kenali juga tugas dan tanggung jawab yang terkait dengan posisi yang anda lamar.

3. Gunakan teknik STAR

Ketika menjawab pertanyaan yang meminta contoh konkret, gunakan metode STAR (Situation, Task, Action, Result). Gambarkan situasi atau tantangan yang anda hadapi (S), tugas atau peran yang anda emban (T), tindakan yang anda ambil (A), dan hasil yang anda capai (R). Metode ini membantu anda memberikan jawaban yang terstruktur dan memperlihatkan kemampuan anda dalam menghadapi situasi yang relevan.

4. Berikan contoh konkret

Ketika menjawab pertanyaan, berikan contoh konkret dari pengalaman, pencapaian, atau proyek yang relevan dengan posisi yang anda lamar. Ceritakan secara jelas bagaimana anda berkontribusi dan mencapai hasil yang signifikan dalam situasi tersebut.

5. Jelaskan kemampuan dan kualifikasi

Manfaatkan pertanyaan untuk menyoroti kemampuan dan kualifikasi yang relevan dengan posisi yang anda lamar. Jelaskan dengan jelas bagaimana pengalaman dan keahlian anda dapat membantu perusahaan mencapai tujuannya.

6. Jaga kepercayaan diri dan sikap positif

Saat menjawab pertanyaan, tunjukkan sikap yang percaya diri dan positif. Jaga postur tubuh yang baik, tatap mata pewawancara, dan berikan senyuman. Hal ini menunjukkan kepercayaan diri dan kesiapan anda dalam menghadapi tantangan.

7. Hindari jawaban yang terlalu panjang atau terlalu pendek

Usahakan untuk memberikan jawaban yang relevan dan ringkas. Hindari jawaban yang terlalu panjang dan melebar, tetapi juga hindari jawaban yang terlalu pendek dan tidak memberikan informasi yang cukup. Pilih kata-kata dengan cermat dan fokus pada inti pertanyaan.

Dengan mengikuti tips-tips di atas dan melakukan persiapan yang matang, anda akan lebih siap dan percaya diri dalam menjawab pertanyaan saat interview kerja. Ingatlah bahwa latihan dan pengalaman berperan penting dalam meningkatkan kemampuan anda, jadi terus berlatih dan belajar dari setiap kesempatan interview.