Berita

Truk Tronton Rem Blong, Empat Kendaraan Terlibat Kecelakaan Beruntun di Sukabumi

25
×

Truk Tronton Rem Blong, Empat Kendaraan Terlibat Kecelakaan Beruntun di Sukabumi

Sebarkan artikel ini
Kecelakaan
Gambar Ilustrasi kecelakaan. | Doc: freepik

Sukabumihitz – Sebuah kecelakaan beruntun yang melibatkan empat kendaraan terjadi di Jalan Raya Cibadak, Sukabumi, pada Selasa (04/6). Kecelakaan ini disebabkan oleh sebuah truk tronton pengangkut pupuk yang mengalami rem blong, sehingga menabrak tiga kendaraan lainnya. Kejadian berlangsung di Desa Cibolangkaler, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi. Akibat dari kecelakaan ini, dua orang mengalami luka-luka.

Menurut penjelasan Kanit Gakkum Sat Lantas Polres Sukabumi Kota, Iptu Andika Pratistha, kronologi kecelakaan bermula ketika truk tronton bernomor polisi B 9476 UXY yang Rizwan kemudikan melaju dari arah Cibadak menuju Kota Sukabumi. Sesampainya di lokasi kejadian, truk mengalami kegagalan fungsi rem. Rizwan berusaha menepi ke pinggir jalan, namun rem tangan truk tersebut juga tidak berfungsi, sehingga truk mundur dan menabrak kendaraan di belakangnya.

Kecelakaan beruntun melibatkan empat kendaraan, yang terjadi di Jalan Raya Cibadak, Sukabumi, pada Selasa (04/06/2024). | Doc: Istimewa

Baca juga: Nadin Amizah Resmikan Mushola Al-Haadi’: Bukti Kolaborasi Menginspirasi untuk Komunitas

Kendaraan pertama yang ditabrak adalah mobil Daihatsu Sigra F 1540 VM yang dikemudikan Wahyudin, yang sedang terparkir di pinggir jalan. Selanjutnya, truk menabrak Toyota Innova B 1348 VHZ yang dikemudikan oleh M Ulya. Setelah itu, sepeda motor Suzuki Smash B 3104 FAM yang dikendarai oleh Riki Fernando juga ikut tertabrak.

Iptu Andika menjelaskan, “Kondisi jalan di lokasi kejadian memang sedikit menanjak, sehingga ketika truk mengalami rem blong, truk tersebut mundur dan menabrak tiga kendaraan di belakangnya.

“Jadi untuk kronologis kejadian itu, satu mobil truk Hino tersebut dia (pengemudi) sudah sadar memang untuk remnya agak bermasalah. Oleh karena itu dia menepi ke sebelah kiri. Tapi saat dia mau menarik rem tangannya itu, diduga sudah tidak berfungsi dan sampai akhirnya mobil tersebut mundur dan mengenai dua kendaraan mobil dan satu kendaraan motor dibelakangnya,” kata Andika, mengutip dari sukabumiupdate.

Pada saat kejadian, kondisi lalu lintas berjalan normal. Wahyudin, pengemudi Daihatsu Sigra, dan Riki Fernando, pengemudi motor, mengalami luka-luka dan langsung dibawa ke RSU Betha Medika.

“Untuk korban alhamdulillah sampai saat ini tidak ada korban meninggal dunia hanya kalau berdasarkan keterangan dokter bahwa luka-luka ringan,” ujar Andika.

Sementara itu, Petugas kepolisian dari Unit Laka Polres Sukabumi Kota telah mengevakuasi semua kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan tersebut. Truk tronton dan pengemudinya juga telah polisi amankan untuk keperluan investigasi lebih lanjut.

Baca juga: Luncurkan Aplikasi Siapdate, Langkah Cerdas Pemerintah Kota Sukabumi dalam Penanggulangan Stunting