Berita

Google Doodle Hari Ini Tampilkan Tari Rangkuk Alu

36
×

Google Doodle Hari Ini Tampilkan Tari Rangkuk Alu

Sebarkan artikel ini
Tari Rangkuk Alu
Google menampilkan tari Rangkuk Alu sebagai google doodle hari ini

Sukabumihitz – Google menampilkan tari Rangkuk Alu sebagai google doodle hari ini sebagai perayaan Hari Tari Sedunia yang diperingati setiap 29 April.

Tari Rangkuk Alu berasal dari Kabupaten Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan biasanya dilakukan saat bulan purnama setelah panen.

Google memilih untuk menampilkan tema Tari Rangkuk Alu sebagai bentuk perayaan akan kesenian ini. Dalam doodle Google, tergambar animasi sepasang kaki yang melompati bambu yang bergerak, yang menggambarkan esensi dari tarian tersebut.

Google Doodle
Tampilan terbaru Google yang menampilkan tari Rangkuk Alu sebagai google doodle hari ini 

Google menjelaskan bahwa Tari Rangkuk Alu merupakan sebuah cara bagi penduduk setempat untuk memelihara dan menghargai warisan budaya mereka. Meskipun Google tidak menjelaskan secara detail alasan pemilihan Rangkuk Alu, namun niat Google adalah untuk menghormati keindahan seni dan budaya Indonesia melalui doodle ini.

Rangkuk Alu

Rangkuk Alu merupakan sebuah bentuk tarian yang berasal dari permainan tradisional masyarakat Manggarai, sebuah wilayah yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Keunikan dan keistimewaan dari tarian ini telah menjadikannya sangat terkenal di kalangan penduduk setempat. Bahkan menarik perhatian para wisatawan yang berkunjung ke daerah tersebut.

Pada awalnya, tarian ini merupakan bagian dari permainan yang melibatkan rangkaian bambu yang dimainkan oleh sekelompok pemain.

Ketika permainan dimulai, salah satu pemain harus melompat-lompat untuk menghindari jepitan bambu yang diayunkan oleh pemain lainnya. Gerakan melompat tersebut kemudian dianggap seperti gerakan tari.

Gerakan penari dan pemain bambu tersebut kemudian diselaraskan dengan ritme musik dan lagu-lagu tradisional daerah, menghasilkan seni tari yang unik yang dikenal dengan sebutan Rangkuk Alu.

Baca juga: “Sadrah” : Single Baru For Revenge Gambarkan Kekalahan Cinta dan Perjalanan Baru Bagi Tokoh Utama