Berita

Ratusan Calon Jemaah Haji Kabupaten Sukabumi Kloter 3 Mulai Diberangkatkan

87
×

Ratusan Calon Jemaah Haji Kabupaten Sukabumi Kloter 3 Mulai Diberangkatkan

Sebarkan artikel ini
Pelepasan calon jemaah haji Kabupaten Sukabumi kloter 3 | Sumber: cybernewsnasional.com

Sukabumihitz – Sebanyak 432 calon jemaah haji asal Kabupaten Sukabumi telah resmi diberangkatkan menuju tanah suci pada Minggu (12/5) dini hari di Pusbangdai Cikembang.

H. Abdul Manan, kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Kabupaten Sukabumi, mengatakan jumlah keseluruhan jamaah haji yang akan berangkat ke tanah suci pada tahun 1445 hijriah ini sebanyak 1.704 orang.

“Ribuan calon jamaah haji tahun ini, akan kita berangkatkan dengan dibagi dalam empat kloter jemaah. Nah, untuk kloter pertama saat ini yang kita berangkatkan, yakni Kloter 03 dengan jumlah 432 orang,” ujar Abdul mengutip dari liputan6.com.

Ia juga menjelaskan bahwa dari ratusan calon jamaah haji dalam Kloter 3ini, terdiri dari 206 laki-laki dan 226 perempuan. Mereka akan mendapat pendampingan dari 8 petugas pendamping, sehingga total keseluruhan dalam kloter 3 ini sekitar 440 orang. Di antara mereka, jamaah termuda adalah Alfi Nurhasanah yang berusia 20 tahun, sementara jamaah tertua adalah Zama bin Solih yang berusia 88 tahun.

Ratusan calon jamaah haji dari Kloter 03 ini dilepas oleh Sekda Kabupaten Sukabumi untuk melanjutkan perjalanan ke Asrama Haji Bekasi. Rencananya calon Jemaah haji ini akan berangkat menuju tanah suci Madinah pada Senin (13/5). Mereka yang berangkat ini termasuk dalam gelombang pertama. Calon jemaah haji ini akan terbang dari Bandara Soekarno Hatta ke kota suci Madinah menuju Mekah dan kembali ke tanah air.

Baca juga: Kurangi Daftar Tunggu, Kota Sukabumi Dapat Penambahan Kuota Jemaah Haji 2024

Sementara itu, Ade Suryaman, Sekda Kabupaten Sukabumi, menyatakan bahwa dia mewakili Bupati Sukabumi dalam melepas calon jamaah haji ini. Ia berharap agar mereka semua mendapat kelancaran dan kesuksesan dalam menjalankan rukun Islam yang kelima serta menjadi haji yang mabrur.

Ia menghimbau calon jamaah haji untuk senantiasa menjaga kekompakan dan saling membantu antara sesama jamaah, serta menjaga kesehatan. Karena kondisi cuaca di tanah suci sangat berbeda dengan di Indonesia.

Sekda Kabupaten Sukabumi melepas calon Jemaah haji dengan menyerahkan bendera kepada ketua rombongan kloter 3. Ia juga berharap agar setiap jemaah menyelipkan doa dan harapan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sukabumi.

Baca juga: Urutan Proses Ibadah Haji Sesuai Ketentuan Islam Yang Benar