AgamaBerita

Kurangi Daftar Tunggu, Kota Sukabumi Dapat Penambahan Kuota Jemaah Haji 2024

50
×

Kurangi Daftar Tunggu, Kota Sukabumi Dapat Penambahan Kuota Jemaah Haji 2024

Sebarkan artikel ini
Jemaah Haji
Ibadah Haji. | Doc: fixabay

Sukabumihitz – Kantor Kementerian Agama Kota Sukabumi mengumumkan penambahan kuota haji untuk warga Kota Sukabumi, Jawa Barat, pada tahun 2024. Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Seksi Pelayanan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kota Sukabumi, Apipudin, kuota jemaah haji Kota Sukabumi tahun ini bertambah sebanyak 80 orang.

“Tahun ini ada 336 jemaah calon haji yang diberangkatkan ke Tanah Suci Mekah, Arab Saudi atau bertambah 80 orang jika dibandingkan dengan tahun lalu yang kuota haji hanya 256 orang,” ujar Apipudin, mengutip dari ANTARA.

Dari total 345 orang yang akan berangkat ke tanah suci tahun ini, terdiri dari 336 jemaah calon haji reguler, 8 orang petugas pendamping, dan satu orang petugas Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH). Jumlah jemaah calon haji tersebut, 197 di antaranya adalah perempuan dan 139 adalah laki-laki. Akan bergabung dalam kelompok terbang (kloter) 35 JKS dan berangkat menuju Mekah pada Senin (27/5).

Baca juga: Timnas U23 Lolos ke Babak Semifinal di Piala Asia U23 2024!!!

“Untuk tahun ini Kota Sukabumi paling banyak mendapatkan tambahan kuota haji di Jabar. Kami berharap setiap tahunnya jumlah kuota haji bisa terus bertambah untuk mengurangi daftar tunggu,” kata Apipudin.

Sebagai persiapan sebelum keberangkatan, para calon jemaah haji telah menjalani vaksin meningitis pada hari Minggu (28/4). Selanjutnya, mereka akan mendapatkan pembinaan dari ketua regu dan rombongan pada Senin (29/4), serta bimbingan manasik haji pada Selasa (30/4).

Apipudin juga memberikan imbauan kepada para jemaah calon haji untuk menjaga kesehatan. Selain itu, mempersiapkan barang bawaan dengan baik, serta menyiapkan mental dan fisik yang kuat untuk menjalankan ibadah haji dengan baik. Petugas pendamping juga siap membantu menjawab pertanyaan dan memberikan dukungan selama proses perjalanan ibadah haji.

Pihak Kantor Kementerian Agama Kota Sukabumi berharap penambahan kuota haji ini dapat memberikan kesempatan kepada lebih banyak warga untuk melaksanakan ibadah haji setiap tahunnya.

Baca juga: Belum Lulus SNBP? Yuk, Tukarkan Kartu SNBP Kamu dan Raih Beasiswa Hingga 100%