BeritaPendidikanTeknologi

Peningkatan Kapabilitas administratif bagi Pegawai Kecamatan Warudoyong

196
×

Peningkatan Kapabilitas administratif bagi Pegawai Kecamatan Warudoyong

Sebarkan artikel ini

Sukabumihitz.com – Pada hari Sabtu-Minggu tanggal 16-17 Desember 2023, Civitas Akademik Universitas Bina Sarana Informatika Prodi Sistem Informasi Akuntansi kampus Sukabumi bekerjasama dengan Kecamatan Warudoyong mengadakan pengabdian dengan tema Pelatihan Penggunaan VLOOKUP Sebagai Langkah Awal Peningkatan Kapabilitas Administratif Pada Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi.

Bertempat di Aula Kecamatan Warudoyong. Bertindak sebagai ketua pelaksana adalah Ita Yulianti, bertindak selaku Tutor Rusda Wajhillah, dengan anggota terdiri dari Resti Yulistria. Kegiatan pengabdian kali ini melibatkan tiga mahasiswa yaitu Ryan Hadi Praja, Siti Sobiyan Yusup dan Vanysia Damayanti.

Resti selaku pembawa acara membuka pelaksanaan pengabdian dan kemudian memberikan waktu kepada Ibu Sandra Utama Teguh, S.Kom., M.M. selaku Camat Warudoyong untuk memberikan sambutan pembukaan kegiatan kepada para peserta pengabdian, adanya kebutuhan akan pemahaman vlookup bagi jalanya pemerintahan desa dan kecamatan maka kegiatan ini disambut baik.

Sementara Ita Yulianti selaku ketua Tim dibantu dengan beberapa orang dosen dan mahasiswa menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin dilakukan oleh para dosen untuk menopang kinerja dosen dalam melaksanakan tri darma perguruan tinggi salah satunya adalah pengabdian kepada masyarakat.

Selanjutanya penyampaian materi oleh Tutor Rusda Wajhillah tentang penggunaan Vlookup merupakan hal yang bermanfaat untuk dipahami oleh setiap individu. Manfaat selanjutnya yang dapat diperoleh dengan menguasai Vlookup yakni dapat mengasah kemampuan kita dalam memaksimalkan perangkat lunak pengolah angka atau spreedsheet.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kemampuan seperti ini memang lebih banyak mengarah pada Excel yang digunakan pada pengolahan angka. Belajar Vlookup juga dapat mendorong kita untuk mempunyai skill pengolohan data dengan lebih baik.

Kendati sudah ada berbagai fitur desain instan, akan tetapi untuk menghasilkan data yang baik dan menarik maka diperlukan kreativitas yang tinggi. Manfaat lain yang juga bisa dirasakan yakni dapat mengurangi kesalahan ketika terjadi kendala. Dengan menguasai Vlookup, kita tidak hanya sekadar paham bagaimana menggunakannya namun juga mengerti kendala yang membuat kita tidak dapat menggunakan program tersebut secara maksimal. Oleh karena itu, maka pengurus di Kecamatan Warudoyong Sukabumi dituntut untuk segera beradaptasi dengan teknologi terbaru.

Mitra dalam kegiatan pengabdian masyarakat kali ini adalah pengurus Kecamatan Warudoyong Kota  Sukabumi yang berjumlah 43 peserta. Metode yang diunakan dalam pengabdian masyarakat berupa pelatihan penggunaan Vlookup, pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan cara tatap muka.

Tujuan dari tema pelatihan penggunaan Vlookup untuk membantu kegiatan pengurus Kecamatan Warudoyong Sukabumi ini untuk berbagi pengetahuan dan pemahaman mengenai pengguanaan Vlookup.

Capaian dari kegiatan pengabdian diharapkan agar para pengurus kecamatan dalam menjalankan kegiatan pemerintahannya dapat memanfaatkan Vlookup dan mampu menggunakan untuk menopang kegiatan dalam menginput data dan membuat laporan secara digital.

Semoga dalam kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini dapat memberikan manfaat kepada pengurus Kecamatan Warudoyong sehingga memiliki kemudahan dalam menjalankan organisasinya dan memiliki kemampuan penggunaan Vlookup dengan baik.