BeritaGaya HidupHealthKesehatanLifestyle

Cuaca Makin Panas! Jadikan Sunscreen Senjata Utama!

91
×

Cuaca Makin Panas! Jadikan Sunscreen Senjata Utama!

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Cuaca Panas | sumber: Freepik
Ilustrasi Cuaca Panas | sumber: Freepik
Gunakan Sunscreen Untuk Melindungi Kulit Anda | sumber: Freepik
Gunakan Sunscreen Untuk Melindungi Kulit Anda | sumber: Freepik

SukabumihitzBadan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan bahwa saat ini cuaca berubah drastis karena matahari hampir berada di garis ekuator, mengarah ke Belahan Bumi Utara (BBU). Dampaknya terasa di wilayah-wilayah ekuator seperti Indonesia, khususnya Jawa Barat, di mana sinar matahari mencapai intensitas maksimum. Akibatnya, cuaca dan suhu udara di daerah tersebut terasa lebih panas dari biasanya.

Nah pertanyaannya, sudahkah anda rutin menggunakan sunscreen? Jika belum, lebih baik mulai membiasakan diri dari sekarang. Pasalnya kebiasaan memakai tabir surya sebelum ke luar rumah sangat penting untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari secara berlebihan. Apalagi sedang dalam cuaca ekstrem seperti saat ini.

 

Sebelum Anda memilih sunscreen yang cocok untuk jenis kulit Anda, penting untuk memahami bahwa ada beberapa prinsip dasar dalam memilihnya, yang berlaku untuk semua jenis kulit yakni:

  1. Pilih sunscreen yang bisa memblokir semua jenis sinar UV berbahaya

Kenyataannya, tidak semua sunscreen atau tabir surya mampu secara efektif memblokir sinar UVA dan UVB. Secara faktual, hanya micro zinc oxide yang mampu memblokir kedua jenis sinar tersebut. Selain itu, menurut para ahli, micro zinc oxide memiliki sifat stabil di dalam botol dan tetap stabil saat digunakan di bawah paparan sinar matahari. Karena itu, akan lebih baik jika memilih tabir surya yang mengandung setidaknya 5 persen micro zinc oxide.

  1. Beli produk yang benar-benar baru

Betul bahwa semua produk yang ada di toko biasanya baru dan masih tersegel. Namun, istilah ‘baru’ di sini bukan hanya mengacu pada segel tersebut.

Penting untuk kita tahu bahwa bahan sunscreen bisa mengalami kerusakan seiring berjalannya waktu, terutama jika berada pada kondisi suhu yang tidak ideal, entah terlalu panas atau terlalu dingin. Oleh karena itu, selalu penting untuk memeriksa tanggal pembuatan (MFD) dan tanggal kedaluwarsa saat membeli tabir surya. Disarankan untuk menghindari penggunaan sunscreen yang telah melewati tanggal MFD atau telah terbuka selama lebih dari setahun.

  1. Pilih sunscreen yang tepat

Sunscreen yang tepat adalah sunscreen yang cocok dengan jenis kulit, area tubuh, dan tingkat aktivitas Anda. Misalnya, jika Anda aktif berenang atau melakukan olahraga air lainnya, silahkan untuk memilih produk yang memiliki label “water-resistant”.

Jika Anda memiliki kulit yang rentan terhadap jerawat, sebaiknya pilih tabir surya dengan kualitas yang baik. Pastikan produk tersebut mengandung titanium dioxide dan micro zinc oxide karena keduanya tidak akan menyumbat pori-pori.

Lainnya: Manfaat Tomat Ceri untuk Kesehatan dan Cara Tepat Mengonsumsinya

Kriteria Umum Pemilihan Sunscreen | sumber: Freepik
Kriteria Umum Pemilihan Sunscreen | sumber: Freepik

Tips Memilih Sunscreen Berdasarkan Jenis Kulit

Agar hasilnya maksimal bagi kulit, sesuaikan atau sunscreen dengan jenis kulit Anda:

  1. Kulit kering

Untuk Anda yang memiliki kulit kering, lebih baik memilih sunscreen yang mengandung pelembap seperti minyak lanolin dan silikon. Pilihlah produk yang memiliki konsistensi yang lebih kental karena lebih efektif dalam melindungi kulit dari kerusakan. Anda bisa memilih antara losion, krim, atau salep sesuai kebutuhan kulit Anda.

Khusus untuk penderita melasma, kondisi kulit yang berhubungan dengan kanker kulit, atau kulit yang cenderung putih, disarankan untuk memilih tabir surya dengan SPF 30 untuk perlindungan ekstra.

  1. Kulit berminyak

Untuk pemilik kulit berminyak, sebaiknya menggunakan sunscreen berbahan dasar air (aqua). Jenis ini memberikan efek mengeringkan dan tidak membuat kulit semakin berminyak. Selain itu, sunscreen berbahan dasar aqua juga memiliki efek menenangkan pada kulit dan membantu mengurangi kemungkinan jerawat yang timbul.

  1. Kulit sensitif

Individu dengan kulit sensitif sebaiknya menggunakan sunscreen yang mengandung zinc oxide murni. Ini karena bahan tersebut jarang sekali menyebabkan iritasi atau reaksi alergi pada kulit.

  1. Kulit normal

Jika kulit Anda normal, maka sunscreen dalam bentuk losion adalah pilihan terbaik. Tabir surya dengan SPF 15 dalam bentuk losion dapat memberikan kelembapan yang cukup tanpa membuat wajah terlihat kering atau berminyak.

Dengan memahami jenis kulit dan kebutuhan kulit Anda, pemilihan yang tepat dapat memberikan perlindungan maksimal dan menjaga kesehatan kulit Anda. Sebagai penutup, selalu ingat untuk menggunakan sunscreen secara teratur, terutama saat berada di luar ruangan, untuk melindungi kulit dari efek buruk paparan sinar matahari dan menjaga kecantikan alami kulit Anda.

Baca Juga: Tembus 3 Juta Penonton, Film “SIKSA KUBUR”: Mempertanyakan Ketidakpercayaan akan Siksa di Alam Kubur