BeritaPendidikan

ECO HEAL, Inisiatif Hijau UKM PELITA untuk Mengurangi Sampah Plastik dan Menanam Tanaman Obat

38
×

ECO HEAL, Inisiatif Hijau UKM PELITA untuk Mengurangi Sampah Plastik dan Menanam Tanaman Obat

Sebarkan artikel ini
Peserta kegiatan Eco Heal. | Doc: Istimewa

Sukabumihitz, – UKM Pecinta Alam (PELITA) Universitas BSI Kampus Sukabumi menggelar kegiatan bertajuk ECO HEAL dengan tema “Tanam dan Daur Ulang untuk Kehidupan”. Acara ini berlangsung pada hari Selasa (24/9), pukul 16.00 hingga 19.00 WIB, bertempat di Sekretariat Mapala PELITA, Kampus A Universitas BSI Sukabumi, Jalan Cemerlang No. 8, Sukakarya.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan calon anggota muda terhadap kepedulian lingkungan sekitar. ECO HEAL juga menjadi langkah awal UKM PELITA dalam mengedukasi pentingnya menjaga alam melalui aksi nyata. Salah satu fokus kegiatan ini adalah mengurangi sampah plastik terutama botol bekas dengan cara mengolahnya menjadi pot tanaman. Harapannya dengan acara ini para peserta labih sadar akan dampak dari limbah non-organik

Baca Juga:UKM PELITA Universitas BSI Sukabumi Sabet Dua Juara dalam Lomba AKAPPELA V

Selain itu, kegiatan ini melibatkan penanaman berbagai jenis tanaman obat yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Seperti lidah buaya, jahe, sereh, kunyit, lengkuas, sirih, dan tanaman meniran. Lidah buaya misalnya, banyak yang memakai lidah buaya untuk menyembuhkan luka bakar ringan dan merawat kesehatan rambut.

Jahe efektif meredakan masalah pencernaan dan mengurangi peradangan. Sementara itu, sereh bermanfaat sebagai antioksidan alami dan pengusir nyamuk. Tanaman seperti kunyit, lengkuas kaya akan senyawa anti-inflamasi yang membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain itu,  ada juga daun meniran yang dapat mencegah dan mengatasi batu ginjal yang bersifat asam.

Arya selaku ketua Mapala Pelita, mengungkapkan bahwa kegiatan ini dapat menanamkan nilai-nilai kepedulian lingkungan sekaligus memperkenalkan cara-cara sederhana namun bermanfaat untuk menjaga lingkungan, salah satunya dengan memanfaatkan limbah plastik dan menanam tanaman yang memiliki banyak khasiat,” tuturnya.

Acara ini menjadi momentum penting untuk memperkuat kesadaran generasi muda mengenai pentingnya menjaga kelestarian lingkungan

Baca Juga:Semarakkan Kampus: Acara Karnaval Bring Light To The World