BeritaPendidikan

Pengenalan Kampus Tanpa Ospek, Ormik 2024 Bantu Mahasiswa Baru Beradaptasi

48
×

Pengenalan Kampus Tanpa Ospek, Ormik 2024 Bantu Mahasiswa Baru Beradaptasi

Sebarkan artikel ini
ormik
Universitas BSI Sukabumi sukses menyelenggarakan Orientasi Akademik (Ormik) bagi mahasiswa baru | Doc: Istimewa

SukabumihitzUniversitas BSI Sukabumi sukses menyelenggarakan Orientasi Akademik (Ormik) sebagai bagian dari kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2024. Kegiatan ini bertujuan memperkenalkan lingkungan kampus kepada mahasiswa baru, sekaligus membekali mereka dengan pengetahuan seputar dunia perkuliahan yang berbeda dari masa sekolah.

Kegiatan ini berlangsung pada Kamis (19/9) di Aula Universitas BSI Sukabumi Kampus A, Jl. Cemerlang No.8 Sukakarya, acara dimulai pukul 07.00 WIB. Dengan menghadirkan dua narasumber utama yaitu Agung Wibowa, selaku Ketua Prodi Sistem Informasi, dan Dede Wintana, Koordinator Bidang Kemahasiswaan yang memberikan materi dan arahan penting seputar akademik dan kehidupan kampus.

Jamal Maulana Hudin, Kepala Kampus Universitas BSI Sukabumi, dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada para mahasiswa baru. Ia juga menekankan perbedaan antara masa sekolah dan perkuliahan.

“Hari ini, kalian resmi berstatus sebagai mahasiswa. Tentu, ini membawa tanggung jawab baru, kalian tidak hanya belajar di kelas, tapi juga beradaptasi dengan lingkungan dan mengembangkan diri secara mandiri,” ujarnya.

Jamal juga menegaskan bahwa di Universitas BSI Sukabumi tidak ada ospek. Melainkan penyambutan mahasiswa baru melalui rangkaian acara PKKMB yang lebih edukatif.

“Kami ingin memastikan bahwa setiap mahasiswa baru memahami bahwa di Universitas BSI Sukabumi tidak ada ospek. Orientasi ini lebih berfokus pada pengenalan akademik, kehidupan kampus, dan persiapan mental untuk menghadapi perkuliahan selama empat tahun ke depan,” tambahnya.

Mahasiswa baru Universitas BSI Sukabumi saat mengikuti Orientasi Akademik (Ormik) 2024 | Doc: Istimewa

Agung Wibowa dalam presentasinya menyampaikan pengenalan mengenai program studi, kurikulum, dan prospek karir yang dapat mahasiswa capai. Ia menekankan pentingnya mengikuti setiap tahapan akademik dengan sungguh-sungguh agar dapat berprestasi secara maksimal. Selain itu Agung juga menjelaskan bahwa masa perkuliahan akan memberikan pengalaman berbeda dari sekolah.

“Sebagai mahasiswa, kalian akan mempelajari ilmu yang lebih spesifik sesuai dengan program studi yang kalian pilih, tetapi kalian juga perlu belajar untuk mengelola waktu dengan baik, mengembangkan keterampilan, dan memanfaatkan peluang yang ada di kampus,” jelas Agung.

Baca juga : BKOT 2024 Bangun Komunikasi Baik Antara Kampus dan Orang Tua Mahasiswa Baru

Sementara itu, Dede Wintana menambahkan dengan memperkenalkan berbagai organisasi dan unit kegiatan mahasiswa yang bisa mahasiswa baru ikuti selama kuliah.

“Kami berharap kalian bisa aktif dalam kegiatan non-akademik. Karena di sinilah kalian bisa mengasah soft skill seperti kepemimpinan, komunikasi, dan kerja sama tim. Ini yang akan sangat mahasiswa butuhkan di dunia kerja,” ujar Dede.

Penyampaian materi oleh narasumber | Doc: Istimewa

Selain itu, kegiatan ini juga menghadirkan mahasiswa berprestasi Universita BSI Sukabumi yaitu Anis Marsela dan Siti Fauziah. Mereka membagikan pengalaman selama mengikuti berbagai kegiatan di kampus. Kehadiran mahasiswa berprestasi ini diharapkan dapat memberikan inspirasi dan motivasi kepada mahasiswa baru untuk aktif dan berprestasi selama studi mereka.

Acara ini juga menjadi awal dari serangkaian kegiatan PKKMB yang akan berlangsung hingga Minggu, dengan berbagai kegiatan lainnya untuk memperkenalkan kampus lebih dalam. Mahasiswa baru diimbau untuk mempersiapkan fisik mereka selama beberapa hari ke depan karena banyak informasi penting yang akan disampaikan.

Selama sesi berlangsung, mahasiswa baru tampak antusias mengikuti seluruh materi yang pemateri sampaikan, mengingat ini adalah momen awal mereka untuk mengenal kampus secara lebih dekat.

Melalui Orientasi Akademik (Ormik) ini, Universitas BSI Sukabumi berharap mahasiswa baru dapat memulai perjalanan akademik mereka dengan lebih baik. Juga siap menghadapi tantangan dalam dunia perkuliahan. Semangat dan antusiasme tinggi dari mahasiswa baru mencerminkan kesiapan mereka untuk memulai fase baru dalam kehidupan pendidikan yang lebih tinggi.

Baca juga : BKOT Universitas BSI Kampus Kota Sukabumi: Membangun Sinergi untuk Masa Depan Mahasiswa